BeritaDaerah

PDPM Lamongan Mengapresiasi Sikap Tegas KKP dalam Penghentian Kapal Keruk di Perairan Pesisir Lamongan

1 Mins read

SEJUK.ID – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Lamongan mengapresiasi langkah tegas yang diambil oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menangani masalah penghentian sementara aktivitas operasional Kapal Keruk (dradger) dan dumping di Pelabuhan Umum Kawasan Industri Lamongan Integrated Shorebase (LIS) di Tanjung Pakis, Desa Kemantren, Lamongan, Jawa Timur pada hari Jum’at (26/4/2024). Hal ini disampaikan oleh Muhammad Kholis, Ketua Bidang Buruh Tani dan Nelayan (Brutal) PDPM Lamongan.

Dalam pernyataannya, Muhammad Kholis menekankan pentingnya tanggung jawab negara terhadap ketertiban dan kelestarian lingkungan laut. “Negara harus bertanggung jawab atas keberlangsungan hidup lingkungan laut, karena masa depan anak cucu kita sangat bergantung pada hal ini,” ujarnya.

Menurutnya, penghentian kapal keruk tersebut merupakan langkah yang patut diapresiasi karena akan melindungi mata pencaharian nelayan kecil di pinggiran. “Para nelayan kecil akan sangat dirugikan apabila pengerukan ini terus berlanjut, karena mereka akan kesulitan mencari ikan untuk kehidupan sehari-hari,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga menyoroti pentingnya pelaku usaha mematuhi peraturan yang berlaku serta tidak mengabaikan aspek hukum lingkungan. “Kami berharap agar para pelaku usaha bertindak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak merugikan masyarakat,” tambahnya.

PDPM Lamongan juga menyuarakan dorongan kepada pemerintah untuk melakukan patroli ke berbagai daerah, bukan hanya di Lamongan saja, guna menindak kapal-kapal keruk yang tidak memiliki dokumen Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL). “Kami berharap kapal-kapal yang tidak memiliki dokumen yang sesuai dapat ditindak tegas dan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. (*)

639 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Siswi SMPM 13 Campurejo Sukses Menjadi Juara Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Gresik dan Lamongan

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Masjid Al-Hukama dan Al-Birru Raih Juara Inovasi Masjid

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Menuju Era Baru: IPM Gowa Gelar PKMTM II

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *