BeritaDaerah

Keren! Sidang PBB Mendadak Pindah ke SMP Ar Rohmah IIBS Malang

2 Mins read

SEJUK.ID – Atmosfer keceriaan dan kecanggihan pendidikan internasional kembali menghiasi SMP Ar Rohmah IIBS Malang dalam perhelatan International Education Festival (IEF) yang mengundang decak kagum pada hari Sabtu (9/3/2024). Dengan tema utama Sustainable Development Goals (SDGs), festival ini menghadirkan rangkaian acara istimewa yang melibatkan siswa-siswa dari kelas 7, 8, dan 9 serta dihadiri oleh native speaker dari Afghanistan, Sudan, dan Nigeria.

Dua rangkaian acara utama yang menjadi highlight dari festival ini adalah Student Summit dan Cultural Exhibition. Student Summit menjadi wadah bagi para santri untuk berpartisipasi dalam simulasi sidang PBB, khususnya membahas poin keempat SDGs, yakni Quality Education. Di dalamnya, para santri merasakan pengalaman menjadi diplomat melalui simulasi sidang PBB yang dilakukan melalui klub Model United Nations (MUN) di Ar Rohmah.

Acara dibuka dengan pidato yang menginspirasi dari para pemateri (native speaker), kemudian dilanjutkan dengan daftar pembicara umum oleh para diplomat dari negara-negara yang diwakili. Tak terkecuali, perwakilan dari setiap negara dipilih dari santri kelas 7 hingga 9, beberapa di antaranya memiliki pengalaman dalam acara Model United Nations (MUN) baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saat acara, santri menggunakan bahasa Inggris tanpa terkecuali, menunjukkan kemahiran berbahasa mereka tidak hanya dalam konteks pembelajaran, tetapi juga dalam situasi simulasi sidang internasional seperti ini,” ungkap Sri Wahyuni, staf dari tim International Networking di SMP Ar Rohmah IIBS Malang.

Setelah diskusi studi kasus selesai, acara ditutup dengan Diskusi Dewan Direktur dan Forum Pemungutan Suara untuk menentukan solusi terbaik. Native speaker bertugas memilih solusi terbaik yang sesuai dengan masalah yang dibahas sebelum mengumumkan pemenangnya.

Sementara itu, dalam rangkaian Cultural Exhibition, Kepala SMP Ar Rohmah IIBS, Hanif Azhar, S.T, membuka acara dengan memberikan dukungan penuh. Setiap kelas mempersembahkan bakat mereka sesuai dengan identitas negara yang telah ditetapkan.

Acara memamerkan kekayaan budaya dari menyanyikan lagu-lagu khas negara, menampilkan tarian tradisional, hingga membacakan puisi. Tidak hanya itu, santri dari Women Life Skills (WLS) SMP Ar Rohmah IIBS juga menampilkan kemampuan mereka dalam bahasa Korea dan Jepang, serta demonstrasi WLS Tapak Suci.

Acara berlangsung dari pukul 07.00 pagi hingga selesai, dengan sesi Booth Explorer di mana santri dapat mengunjungi setiap booth yang didesain oleh perwakilan negara mereka. Di sini, mereka dapat menikmati makanan khas, mengetahui lebih lanjut tentang budaya, dan berinteraksi dengan perwakilan dari masing-masing negara dalam bahasa asli mereka.

Dengan kesuksesan yang diraih, Wakil Kepala Kurikulum Internasional, Dian Wulandari, S.Pd, berharap bahwa IEF akan menjadi event tahunan yang diadakan oleh SMP Ar Rohmah IIBS Malang.

“Pengalaman mempelajari berbagai budaya dunia, mengetahui problem dan isu global, lalu mencari solusinya bersama-sama adalah sebuah pengalaman mahal tak terlupakan,” ungkap salah satu santri, Shafira Zivara Zeta. (*)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *