Ragam

Tips Sukses Melamar Pekerjaan Dengan CV ATS Friendly

3 Mins read

SEJUK.ID – Banyak perusahaan menggunakan Curriculum Vitae ATS (Applicant Tracking System) sebagai alat bantu untuk menyaring pelamar kerja. Bagi para pencari kerja, memahami dan mengoptimalkan CV agar ATS friendly menjadi kunci sukses dalam mendapatkan perhatian perusahaan.

CV ATS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Sistem ini dirancang untuk membantu perusahaan menyaring dan mengevaluasi sejumlah besar aplikasi pekerjaan secara efisien.

Salah satu fungsi utama dari CV ATS adalah melakukan pemindaian atau scanning terhadap dokumen CV yang masuk, mencari kata kunci, dan menyaring pelamar yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan.

CV ATS memainkan peran penting dalam mempercepat proses rekruitmen dengan cara otomatis melakukan penilaian awal terhadap CV yang masuk. Sistem ini membantu HR atau pihak yang terlibat dalam seleksi karyawan untuk memilah CV yang paling relevan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk memperhatikan penggunaan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar ketika membuat CV agar lebih mudah terdeteksi dan lolos dalam seleksi awal yang dilakukan oleh CV ATS.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tips dan strategi agar CV Anda dapat melewati seleksi awal ini dengan mudah.

1. Pahami Cara Kerja CV ATS

CV ATS bekerja dengan melakukan scanning terhadap dokumen yang masuk, mengekstrak informasi, dan mencari kata kunci tertentu yang relevan dengan posisi yang dilamar. Agar CV Anda dapat diakses dan dianalisis oleh sistem ini, gunakan format yang sederhana, hindari penggunaan gambar atau tabel yang rumit, dan fokus pada teks. Pastikan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan tersebut tercantum dalam CV Anda.

2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Perhatikan kata kunci yang umumnya digunakan dalam deskripsi pekerjaan yang Anda lamar. Integrasikan kata kunci tersebut dengan natural dalam bagian-bagian penting dalam CV, seperti ringkasan karier, pengalaman kerja, keterampilan, dan pendidikan. Namun, jangan sampai berlebihan sehingga CV terkesan dipaksakan dengan kata kunci.

3. Gunakan Format Teks yang Jelas

Pilih format teks yang mudah dibaca oleh mesin. Hindari penggunaan format yang rumit, gambar, atau tabel yang bisa menyulitkan sistem dalam membaca informasi. Gunakan font standar dan struktur yang rapi sehingga CV dapat dengan mudah diinterpretasikan oleh CV ATS.

4. Sesuaikan CV dengan Posisi yang Dilamar

Setiap pekerjaan memiliki kebutuhan dan persyaratan yang berbeda. Sesuaikan CV Anda dengan posisi yang Anda lamar. Fokuskan pada pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan deskripsi pekerjaan yang ditawarkan.

5. Gunakan Platform CV ATS Generator 

Bagi kamu yang tidak sempat untuk mengetik CV sendiri, banyak platform yang tersedia untuk memudahkan pembuatan CV. Salah satunya adalah platform SuratPlus.

SuratPlus adalah sebuah situs web yang menyediakan generator dokumen online untuk membuat surat, CV ATS, dan invoice secara otomatis. Situs ini menyediakan lebih dari 70 template surat yang bisa kamu gunakan untuk membuat surat resmi, surat lamaran kerja, surat pengunduran diri, surat kuasa, dan lain-lain. Selain itu, SuratPlus juga menyediakan fitur untuk membuat CV profesional otomatis dan ATS Friendly tanpa perlu jasa desain grafis.

Untuk menggunakan SuratPlus.com, kamu hanya perlu memasukkan data yang diperlukan dan memilih template surat yang kamu inginkan. Setelah itu, SuratPlus akan membuatkan surat, CV, atau invoice sesuai dengan data yang kamu masukkan. Kamu juga bisa mengunduh dokumen yang telah dibuat dalam format PDF atau Word.

6. Buat CV Dengan Desain Yang Menarik

Meskipun CV ATS lebih fokus pada teks, itu tidak berarti desain tidak penting. Penggunaan format teks yang jelas dapat dilengkapi dengan penataan yang rapi dan menarik. Pastikan CV terlihat profesional dan mudah dipahami oleh manusia juga.

7. Rajin Memperbarui CV

Perbarui CV Anda secara berkala, terutama jika ada perkembangan baru dalam karier atau keterampilan yang dimiliki. Hal ini penting agar CV selalu up-to-date dan relevan dengan posisi yang dilamar. Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan memperoleh pekerjaan gara-gara lupa memasukan skill terbaru yang kamu punya.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk melewati tahap awal seleksi perusahaan menggunakan CV ATS.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan kesempatan untuk melewati tahap awal seleksi perusahaan menggunakan CV ATS. Penting untuk diingat bahwa selain memperhatikan kompatibilitas dengan ATS, CV yang baik juga harus menggambarkan dengan jelas kemampuan, pengalaman, dan kepribadianmu kepada perekrut secara keseluruhan.

Menyusun CV ATS friendly bukanlah jaminan pasti untuk mendapatkan pekerjaan, namun dapat menjadi langkah awal yang penting untuk memperoleh perhatian dari perekrut. Kombinasikan strategi ini dengan persiapan yang matang dan kompetensi yang relevan untuk meningkatkan kesempatanmu dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Related posts
Ragam

5 Manfaat Company Profile dan Cara Membuatnya untuk Perusahaan

3 Mins read
Ragam

Mengenal Cabang-Cabang Ilmu Farmasi

3 Mins read
Ragam

Perbedaan Ahli Farmasi Dengan Apoteker Yang Perlu Kamu Ketahui

3 Mins read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *