Ragam

Profesi Caregiver yang Menjanjikan

1 Mins read

Pekerjaan merawat anak dikenal dengan baby sitter sedangkan merawat atau  mendampingi lansia disebut sebagai caregiver. Caregiver merupakan profesi khusus yang menangani masalah keperawatan orang lansia diluar disiplin ilmu keperawatan medik logis yang umum. Jika diartikan caregiver adalah orang yang memberi perhatian, merawat, dan menjaga orang lanjut usia (lansia/tua).

Di Indonesia sendiri, istilah ini tampaknya tidak banyak diketahui masyarakat. Hal itu lantaran profesi caregiver yang jasanya jarang digunakan. Salah satu alasannya karena orang Indonesia lebih banyak yang merawat orang tuanya sendiri dan sebagian lagi karena tidak mampu mengeluarkan uang untuk menyewa caregiver.

Caregiver berbeda dengan perawat pada umumnya meski masuk salah satu dari ilmu keperawatan. Caregiver dan perawat sama-sama berada di bidang kesehatan, namun perawat memiliki peran yang lebih besar di rumah sakit, puskesmas, ataupun klinik. Sedangkan, caregiver bekerja lebih fleksibel karena dapat bekerja di rumah pasien secara langsung.

Dalam merawat pasien, seorang perawat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan perawatan medis dan menangani beberapa pasien setiap harinya. Sementara itu, caregiver tidak hanya merawat pasien tetapi juga memberikan dukungan emosional kepada pasien secara khusus. Caregiver biasanya memiliki tanggung jawab kepada satu pasien saja secara khusus.

Perawat berlatarbelakang pendidikan yang lebih tinggi ke politeknik kesehatan maupun universitas dan memiliki pengetahuan medis yang lebih luas dan kompleks. Sementara untuk menjadi caregiver tidak perlu background sekolah medis seperti perawat, karena bisa mengikuti pelatihan di LKP dalam waktu kurang lebih 2—3 bulan. Namun ada juga yang berlatar belakang 1 tahun pelatihan (D1 Asper) sedangkan perawat (D3 / S1). Untuk itu, caregiver tidak boleh menangani tindakan medis yang menjadi tugas perawat seperti pasang infus, pasang kateter, selang NGT, dan lainnya.

Meskipun profesi ini belum banyak diminati, namun saat ini sudah ada beberapa lowongan pekerjaan terkait caregiver yang kini tersedia secara online baik melalui situs-situs pencarian atau media sosial. Jika Anda punya kemampuan merawat orang tua dan sedang tinggal di Surabaya, cobalah untuk mencari informasi di loker Surabaya online. Ada beberapa lowongan di loker Surabaya online dengan gaji dan fasilitas yang cukup memuaskan.

Jika bergabung dengan perusahaan home care, akan ada training yang dilakukan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menambah skill dan melihat kemampuan dari pelamar kerja. Selama melakukan training, biasanya pelamar kerja akan tinggal di asrama dengan fasilitas makan, minum dan fasilitas lainnya sesuai yang disediakan oleh perusahaan. Permasalahan gaji nantinya akan disesuaikan dengan pengalaman dan skill yang dimiliki pelamar kerja.

Related posts
Ragam

Prospek Kerja Jurusan Farmasi di Indonesia

3 Mins read
Ragam

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia: Pejuang Kesehatan Sejak Proklamasi Kemerdekaan

3 Mins read
Ragam

Ide Dekorasi Kamar Tidur yang Hemat Biaya dan Elegan

1 Mins read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *