Pendidikan

Resensi Buku Tentang Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

2 Mins read

Identitas Buku Ilmiah

Judul Buku : Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Pengarang : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.
Penerbit : Ajaha Education Development Center
Tahun Terbit : 2022
No ISBN : 978-623-99296-3-3
Tempat Terbit : Ponorogo, Jawa Timur
Jumlah Halaman : 151 Halaman
Harga Buku : Rp. 55.000

Pembukaan:

Penulis adalah salah satu Dosen Universitas di Ponorogo. Dan penulis sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang kepenulisan buku dan ini akan menjadi langkah terbaru bagi beliau untuk mengambangkan karya tulis. Penulis sangat ahli dalam kajian ini, buku di tangan anda sekarang sudah tepat dijadikan sebagai bahan bacaan teoretis dan acuan tataran praktik dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam, karena studi doctoral penulis sesuai pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan bidang keilmuan serta sertifikasi pendidikan profesionalnya juga sama.

Buku ini mengangkat sejumlah persoaalan yang berhubungan dengan aktivitas berpikir dan aplikatif tentang pendekatan dan metode Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (MLPI) untuk meningkatkan lembaga-lembaga pendidikan baik umum maupun Islam dalam prespektif dalil Al- Qur’an dan Hadits.

Adapun yang di angkat dalam pembahasan buku ini antara lain konsep kepemimpinan Islami, perumusan visi dan misi di madrasah, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di madrasah, manajemen perubahan, manejemen kurikulum, sarpras, keuangan, peran serta humas, manajemen budaya dan lingkungan, dan laijnya. Dari keseluruhan terintegrasi dalam prespektif Islam.

Sinopsis dan Isi Buku

Sesuai dengan judulnya, buku ilmiah yang akan di resensi ini tentang Manajemen Lembaga Pendidikan Islam ini merupakan buku yang berisi pedoman dalam menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait, untuk mencapai tujuan Pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Penulis buku ini membagi pembahasan dalam dua belas bab.

Bab pertama berisi tentang konsep kepemimpinan Islami kepala madrasah. Pada Bab kedua di bahas mengenai Manajemen perumusan visi dan misi, tujuan, renstra, dan SOP pada madrasah.

Selanjutnya bab ketiga menjelaskan tentang manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Bab keempat membahas tentang manajemen peserta didik dan alumni pada madrasah. Bab kelima membahas tentang manajemen perubahan madrasah. Dan bab keenam membahas tentang manajemen konflik pada madrasah. Bab ketujuh membahas manajemen pembelajaran pada sekolah atau madrasah.

Bab kedelapan membahas tentang sarana prasarana madrasah. Bab kesembilan manajemen keuangan dan pembiayaan pada madrasah. Bab kesepuluh manajemen peran serta masyarakat dan kemitraaan pada madrasah. Bab kesebelas manajemen budaya dan lingkunagn madrasah. Bab kedua belas manajemen keterbukaan informasi pada madrasah.

Kelebihan Buku

Buku ini sangat enak di baca sebagai sumber dalam pendekatan dan metode dalam Manajemen Pendidikan dalam segi Islam, dan dari segi isinya pun Informatif, lengkap, dan logis serta menggunakan kalimat yang sederhana sehingga, memudahka para pembacanya. Pembahasan dalam buku ini sesuai dengan kebutuhan praktis lapangan, penjelasannya juga mudah dipahami oleh pembaca dan juga dilengkapi dengan dasar-dasar dalil serta sumber-sumber yang tepercaya.

Kekurangan

Menurut saya, buku ini sudah sangat praktis dan pembahasan yang sudah sangat sistematis akan tetapi yang saya ingin koreksi di sini adalah buku ini ada beberapa poin yang masih kurang dan perlu penambahan dalam penjelasan materi. Karena, di setiap bab nya hanya menjelaskan poin-poin umumnya saja, tanpa memberikan hal-hal yang subtile (halus) sehingga, para pembaca merasa kurang atas apa yang terkandung di dalam buku ini. Dan dari segi sampul buku ini masih kurang menarik.

Oleh : Fiardi Hanggoro Wibowo (Mahasiswa Semester 3 Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    Pendidikan

    Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Pengelolaan Pendidikan

    2 Mins read
    Pendidikan

    Sosialisasi Program Bantuan Pemerintah 2024 di Sekolah Menengah Kejuruan

    1 Mins read
    Pendidikan

    Mengenal Beragam Aliran Pendidikan

    2 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *