BeritaDaerah

Penuhi Kebutuhan Instruktur, Immawan Rafiq Ikuti PID PC IMM Bangkalan

2 Mins read

Sejuk.ID┬áPimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Bangkalan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) pada Senin-Kamis (26-29/12/2022) yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Bangkalan. Kegiatan tersebut mengusung tema tentang “Kristalisasi Perkaderan: Wujudkan Inklusifitas Instruktur Kreatif dan Inovatif”.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagiai upaya regenerasi serta penguatan kapasitas dan pengembangan ketrampilan Instruktur. Sehingga, mampu mengelola dan mengembangkan perkaderan IMM sesuai dengan kebutuhan Ikatan dan kondisi zaman.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) ini adalah untuk terciptanya tenaga Instruktur yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi dalam menjadi Instruktur Cabang dalam perkaderan di tingkat Komisariat. Serta mampu mewujudkan Instruktur yang memiliki kesadaran kritis, dinamis, dan progresif dalam menghadapi pluralitas, sekaligus memiliki strategi solutif di era modern, serta cakap dalam mengelola perkaderan dan menjaga keberlangsungan Korps Instruktur.

Adapun materi yang telah disampaikan dalam kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) tersebut berjumlah 8 materi. Diantaranya yaitu, Sistem Perkaderan Rasulullah (SPR), Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM), Sistem Perkaderan Ikatan (SPI), ke-Instrukturan, Psikologi Kader, Creative Monitory, Mapping Monev, dan Grand Design.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 30 kader IMM se-Regional Jawa Timur. Yang terdiri dari kader IMM Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Lamongan, Pasuruan Raya, dan Jember.

Immawan Mohammad Rafiq atau biasa disapa Rafiq sebagai salah satu peserta yang mengikuti kegiatan perkaderan PID tersebut. Dia merupakan salah satu kader yang berasal dari Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bahaudin Mudhary UNIBA Madura. Dia juga termasuk salah satu mahasiswa semester 3 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA).

Immawan Rafiq menyampaikan tujuannya mengikuti kegiatan PID ini. “Tujuan saya yakni untuk menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan relasi serta penguatan ideologi ikatan. Dan saya juga ingin lebih dalam lagi mengetahui proses perkaderan yang sebenarnya,” ungkapnya.

Dia pun menambahkan “Motivasi saya dalam mengikuti perkaderan ini lahir dari saya pribadi untuk menggali pengetahuan, pengalaman. Tentunya, menjadi keharusan bagi saya pribadi. Karena, di IMM Sumenep masih sedikit instrukturnya. Dan saya diamanahi tanggung jawab untuk mengikuti PID ini karena kebutuhan dan keharusan,” imbuhnya.

kemudian, Immawan Rafiq pun menyampaikan kesannya selama mengikuti perkaderan PID ini. “Banyak sekali hal yang saya dapatkan dari PID ini, bukan hanya ilmu tapi juga pengalaman yang tak pernah saya lupakan. Dan juga, para pemateri dan seluruh teman-teman seperjuangan, serta para panitia dan tim instruktur yang sangat mempunyai rasa solidaritas tinggi,” ujarnya.

“Setelah mengikuti perkaderan PID ini, saya akan memberikan seluruh tenaga dan pikiran saya untuk ikatan, khususnya untuk IMM Sumenep. Dan momen yang tak pernah saya lupakan yaitu ciri khas makanannya saat di kegiatan PID ini yaitu nasi ikan teri, hingga menjadi jargon alumni peserta PID PC IMM Bangkalan,” pungkas Bendahara Umum PK IMM Bahaudin Mudhary UNIBA Madura ini.

Reporter : Septi Sartika

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *