Pendidikan

Perbedaan NU dan Muhammadiyah Dalam Pendidikan

1 Mins read

SEJUK.ID – Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah merupakan dua ormas Islam terbesar di Indonesia. Dua  organisasi ini mempunyai banyak lembaga pendidikan yang berdiri dari Sabang sampai Merauke. Kehadiran lembaga-lembaga pendidikan NU dan Muhammadiyah telah mecetak ratusan ribu alumni yang juga berkiprah di masyarakat.

Namun tahukah kalian, ada perbedaan corak dari lembaga pendidikan NU dan Muhammadiyah. Perbedaan ini menjadikan keduanya mempunyai corak dan ciri khas masing-masing. Apa saja perbedaan NU dan Muhammadiyah dalam pendidkan? Tulisan ini akan mencoba menguraikannya.

NU Fokus Pesantren, Muhammadiyah Fokus Sekolah

Walaupun NU lahir pada tahun 1926, namun sejak 3 abad sebelumnya sudah berdiri pondok-pondok pesantren yang berpaham keagamaan ala NU. Pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan Islam tertua yang hadir di negara ini. Tercatat beberapa pesantren tertua di Indonesia seperti Ponpes Sidogiri di Pasuruan.

Biar bagaimanapun pondok pesantren tidak bisa dilepaskan dari NU. Ponpes sudah menjadi ciri khas NU. Pondok-pondok tersebut masih eksis sampai sekarang.

Sebaliknya Muhammadiyah justru tidak ingin membuat pondok pesantren sebagai corak utama pendidikan Islam. Muhammadiyah ingin pendidikan Islam beradaptasi dengan pendidikan modern. Maka Muhammadiyah mengembangkan lembaga pendidikan sekolah dan universitas sampai hari ini.

NU Fokus Ilmu Keagamaan, Muhammadiyah Fokus Pendidikan Umum

Pondok pesantren adalah lembaga yang fokus pada pendalaman ilmu-ilmu keagamaan. Di dalamnya santri diajarkan membaca kitab kuning, membaca Al Qur’an dan bahasa Arab. Selain itu dipelajari juga ilmu-ilmu keagamaan lainnya yang sangat banyak. Tidak heran jika alumni pesantren bisa menjadi kiai yang membina umat dalam soal keagamaan.

Karena fokus yang besar terhadap soal keagamaan ini, tidak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan ahli agama di NU.

Sementara itu di Muhammadyiah justru berpandangan bahwa umat Islam harus menguasai ilmu-ilmu umum jika ingin maju. Maka lembaga pendidikan Muhammadiyah berfokus pada ilmu-ilmu umum.

Perbedaan NU dan Muhammadiyah Dalam Pendidikan Masih Relevan?

Walaupun begitu, hari ini baik NU dan Muhammadiyah sudah semakin melebur dan tidak terlalu berbeda dalam soal pendidikan. NU sudah banyak membangun sekolah seperti Muhammadiyah melalui LP Ma’arif. Sebaliknya Muhammadiyah pun banyak membangun Pesantren dan mencetak ahli agama.

Related posts
ArtikelPendidikan

Pidato tentang Pendidikan: Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan Berkualitas

2 Mins read
Pendidikan

Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Panduan Lengkap

3 Mins read
Pendidikan

Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli: Mengembangkan Harmoni dalam Keberagaman

3 Mins read

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *