Opini

Memajukan Indonesia dengan Ideologi Masyarakat

4 Mins read

Sejuk.IDIndonesia merupakan negara yang memiliki beribu-ribu pulau, dengan ini Indonesia dapat dikenal kebudayaannya yang sangat berkembang. Dengan adanya kebudayaan Indonesia memiliki peraturan yang dapat dilestarikan dan dengan adanya kebudayaan seperti hal nya suku Baduy di Banten, memiliki cangar kebudayaan pegunungan kendeng seluas 5.101,85 Hektare.

Dengan kebudayaan suku Baduy masyarakat suku dapat melestarikan lingkungan dengan tidak menggunakan produk kemasan seperti pasta gigi dan sabun. Dengan banyak kepercayaan berbudayaan banyak yang mempercayai Dinamisme dan Animisme . Dengan halnya Indonesia tidak memperbolehkan bagi masyarakat yang tidak memiliki kepercayaan atau disebut dengan Ateis.

Sebagai masyarakat dengan memajukan negara Indonesia, lebih banyak bertanya kepada para ahli pendidikan atau mahasiswa yang lebih tahu dalam ilmu segala hal. Seperti halnya bercocok tanam. Dengan adanya tanah di Indonesia yang sangatlah subur dan iklim tropis yang memadai dalam bercocok tanam, seharusnya masyarakat memiliki budaya bertanya bagaimana cara untuk tanaman lebih cepat panen.

Dengan hal tersebut, tanah yang di Indonesia tidak banyak digunakan oleh negara asing. Dan bisa mengurangi adanya impor dari luar negeri ke Indonesia yang dapat menurunkan adanya tingkat pengangguran. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan produk impor yang banyak trennya oleh masyarakat. Dengan banyaknya kekayaan alam dan kelautan seharusnya masyarakat dapat menggunakan sebaik baik nya kekayaan alam. Dan seharusnya lebih banyak ekspor keluar negeri. Dan dapat mengurangi impor dari luar negeri karena bertambahnya visa ataupun disebut hutanya Indonesia. Karena membayar sebagian produk luar negeri.

Oleh Karena itu, produk luar negeri lebih murah dibandingkan dengan produk lokal ataupun yang terbuat di Indonesia. Tetapi, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih produk luar negeri. Karena, harganya yang sangatlah terjangkau dan produk yang didapat juga sangat berkualitas, dikarenakan produk tersebut di buat oleh mesin canggih. Sedangkan di Indonesia sendiri belum memiliki banyak fasilitas teknologi yang canggih.

Menurut Sri Mulyani, Indonesia tak lepas dengan bantuan dari pemerintah dalam anggaran APBN yang bergejolak ekonomi global dari tahun 2022 sangat sulit mengembangkan ekonomi dari negara lain. Dengan contohnya beras yang di konsumsi oleh masyarakat Indonesia berasal dari Australia.

Dengan itu dapat menambah APBN Indonesia dan masih banyak sekali hasil impor dari negara asing. Dengan hal itu, presiden Indonesia sampai menggadaikan sebuah bandara di Jakarta dan sebagian pulau Indonesia yang teranggurkan di perbatasan Kalimantan barat dan Malaysia. Sehingga, pulau tersebut dinamakan pulau si padan dan pulau ligitan yang diambil alih oleh Malaysia sekarang.
Dan presiden Jokowi telah merencanakan perpindahan Ibu Kota Jakarta ke kabupaten kutai kartanegara, dengan ini alasan dipindahkan dikarenakan kota Jakarta di tahun 2030 perkiraan kebanjiran bisa disebut dengan tenggelamnya Ibu Kota di Jakarta.

Dan Presiden Joko Widodo mengganti uang baru tetapi tidak dengan jumlahnya. Dan dengan banyak impor harga sembako semakin naik. Dan akibat juga perangnya Ukraina dan Covid-19, dengan adanya covid Indonesia yang mengalami penurunan pada bidang ekonomi.
Banyaknya pengangguran, terlalu banyak libur sekolah, banyaknya kasus kejahatan karena kasus ekonomi yang melarat, banyaknya masyarakat kelaparan.

Berkurangnya tingkat tenaga kerja kesehatan dikarenakan banyak yang meninggal. Dan banyaknya hutang-hutang, karena Indonesia membutuhkan banyak vaksin yang diberikan oleh pemerintah. Sesuai dengan perkataan Sri Mulyani menteri keuangan mengatakan bahwa, “Negara Indonesia, alhamdulillah mengalami ekonomi tahun kemarin 2022, baru dipublikasi BPS Februari kira-kira masih 5,2 persen sampai 5,3 persen. Itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang nyungseng di 1,7 persen”.

Dengan hal itu, pemerintah juga membantu sebagian ekonomi masyarakat dan membagikan sembako gratis setiap bulannya bagi masyarakat yang kurang mampu, melalui dana APBN. Dan pemerintah membantu untuk masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri untuk mencari kebutuhan pokok diluar negeri.

Pada penelitian bahwa guru honorer memiliki sistem seikhlasnya dalam mengajar anak-anak untuk mengajarkan sebuah ilmu. Guru honorer tersebut mendapatkan sedikit upah maximum dari penghasilan nya, tetapi sangat jauh berbeda dengan gaji PNS. PNS sangat bersyukur karena tinggal di daerah perkotaan, walaupun pekerjaan guru sama-sama mengajar dan mendidik para murid di sekolah.

Tenaga-tenaga non-ASN tetap dibutuhkan. Hanya saja pola rekrutmennya ke depan harus sesuai kebutuhan mendapat penghasilan layak, setidaknya sesuai UMR, dan baru diperkirakan bahwa tenaga honorer akan dihapuskan tahun 2023. Lina kurniati, seorang guru di Kabupaten Garut mengatakan disebuah lembaga DPRD Bulu Domba Garut mengatakan bahwa, “Gaji guru honorer hanya digaji 450 ribu per 4 bulan sekali,” ungkapnya. Beliau menjelaskan bahwa, semua honorer yang daftar di dapodik sangat dipersulit, masih belum menerima guru honorer dan diangkat sebagai P3K.

Ibu Sari, sebagai guru honorer memperjuangkan ke kota dan di undang oleh DAATV dan di bantu biaya untuk pendidikan anak-anak di Pangkut, Sumatra. Jarak menempuhnya menggunakan sepeda motor dengan waktu 40 menit dari tempat tinggal Ibu Sari dari tahun 1999 sebagai guru honorer. Dan SK nya belum diangkat oleh pemerintah. Dan hanya mendapatkan 400 ribu dari pemerintah, banyak murid-murid yang mendukung Ibu sari untuk mengajar anak-anak untuk menulusuri perjalanan hutan.

Guru honorer sangat penting untuk mentransfer ilmu untuk anak-anak Indonesia. Mengarahkan seseorang agar mempunyai sifat religius untuk anak anak dan mempunyai bayangan intelektualitas. Mempunyai simpati dalam memanejemen waktu. Guru honorer dapat memotivasi orang Indonesia bahwa bersyukur itu sangat berarti bahwa biaya pendidikan dikatakan mahal diperkotaan dengan fasilitas yang luar biasa. Sedangkan dipedesaan masih belum ada jaringan yang sulit untuk melakukan praktikum.

Program pemerintah seharusnya bisa meringankan sebuah pekerjaan guru honorer dan memberi sebuah fasilitas sebuah buku-buku pelajaran atau bacaan lainnya untuk dibaca oleh anak-anak. Dikarenakan buku sangat penting untuk kehidupan mereka agar mereka faham ilmu. Pemerintah memberikan sebuah pakaian sekolah ataupun masyarakat di Indonesia mentranfer beberapa seragam sekolah yang tidak terpakai ke murid-murid yang diajarkan oleh guru honorer.

Sehingga kedepannya pemerintah bisa lebih peduli lagi terhadap kondisi siswa dan siswi yang ada di sekolah terpencil, terlebih lagi kepada guru honorer yang sangat membutuhkan bantuan dari pihak pemerintah, dan juga khususnya bantuan dari dana operasional sekolah untuk menunjang pendidikan yang lebih baik lagi. Sehingga, siswa-siswi tersebut dapat terus menempuh pendidikannya sampai ke perguruan tinggi.

Penulis: Lailatun Intan Suseno (Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang)

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    Opini

    Aktivis Muda Muhammadiyah Jawa Barat Mantap Mendukung Ganjar-Mahfud MD

    2 Mins read
    Opini

    Identitas Indonesia: Simfoni Kebhinekaan Abadi

    3 Mins read
    Opini

    Tingkat Dampak Positif Video Game pada Aspek Kognitif Sosial

    2 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *