Ragam

Tips Menulis Esai Untuk Pemula

2 Mins read

SEJUK.ID Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Di era media sosial seperti sekarang, kemampuan menulis esai akan meningkatkan kualitas dirimu di mata warganet.

Seseorang boleh jadi mempunyai segudang ilmu pengetahuan. Namun manakala dia tidak menuliskannya, dia akan kalah dengan orang lain yang hanya mempunyai 1 cangkir ilmu pengetahuan namun dia membagikannya melalui tulisan. Oleh karena itu saya akan mencoba membagikan tips menulis esai untuk pemula.

Tentukan Ide dan Sudut Pandang

Ide menjadi hal yang paling penting dalam menulis sebuah esai. Tanpa gagasan yang kuat, sebuah tulisan tidak bisa menarik pembacanya untuk terus membaca. Gagasan bisa berbentuk tema tulisan. Misalnya anda ingin mengambil tema soal lalu lintas. Setelah tema tentukanlah topik yang lebih sepesifik dari tema tersebut. Misalnya ketaatan masyarakat terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Setelah itu, tentukan sudut pandang yang akan anda gunakan dalam menulis. Cari sudut pandang menarik yang masih belum banyak dibahas orang. Misalnya alasan masyarakat tidak taat rambu lalu lintas atau soal pendidikan ketaatan berlalu lintas di sekolah.

Susun Kerangka Tulisan

Setelah berhasil mendapatkan ide dan sudut pandang yang menarik, buatlah kerangka tulisan yang terdiri dari pembuka, isi dan penutup. Pembuka bisa diisi dengan latar belakang. Isi berisi pembahasan dan pemaparan data-data soal tulisan. Penutup bisa diisi oleh kesimpulan dan opini penulis terhadap isu tersebut.

Kumpulkan Data Yang Dibutuhkan

Sebelum menulis, kumpulkan dulu data-data yang memang dibutuhkan untuk menulis. Misalnya saat akan menulis tentang pendidikan lalu lintas di sekolah, maka kita perlu mencari buku atau tulisan yang pernah membahasnya. Kita bisa juga mewawancara narasumber yang relevan terkait dengan topi esai yang kita tulis. Mengumpulkan data berguna mempermudah proses kepenulisan dan data yang baik juga akan membuat esai kita bisa dipertanggungjawabkan.

Curahkan Idemu Ke Dalam Sebuah Tulisan

Setelah topik dan data terkumpul, mulailah menulis. Tulislah apa yang ada dalam pikiranmu. Jika pikiranmu buntu, tak perlu memaksakan diri. Istirahatlah. Pada fase pertama menulis ini, jangan terlalu peduli dengan gramatika atau ejaan yang disempurnakan. Yang terpenting adalah kamu menulis apa yang ada di benakmu.

Sunting Tulisanmu Sendiri

Setelah menulis dengan mencurahkan pikiran, simpanlah selama beberapa saat. Lalu buka kembali tulisan itu. Ambil jarak dengannya. Jadilah kritis terhadap tulisan anda sendiri. Lalu carilah kesalahan dari tulisan anda. Perbaiki EYD nya atau kata-kata yang tidak efektif. Untuk bisa menyunting, anda wajib menguasai gramatika bahasa Indonesia.

Minta Saran Kepada Orang Lain

Jika anda khawatir hasil suntingan anda masih belum sempurna, mintalah orang lain untuk menilai tulisan anda. Biasanya orang lain bisa lebih objektif dalam menilai kita.

Nah, itulah sekilas tips menulis esai untuk pemula. Mudah bukan?

 

Related posts
Ragam

Prospek Kerja Jurusan Farmasi di Indonesia

3 Mins read
Ragam

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia: Pejuang Kesehatan Sejak Proklamasi Kemerdekaan

3 Mins read
Ragam

Ide Dekorasi Kamar Tidur yang Hemat Biaya dan Elegan

1 Mins read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *