SEJUK.ID -Sekarang ini, perkembangan dunia bisnis menjadi semakin pesat dan kompetitif. Oleh karena itu, perlu strategi khusus untuk membantu mempertahankan bisnis di pasaran, salah satunya dengan membuat company profile.
Company profile atau profil perusahaan adalah salah media promosi yang penting bagi suatu perusahaan. Secara definisi, company profile adalah penyampaian informasi perusahaan secara umum yang meliputi latar belakang perusahaan, visi-misi, nilai-nilai perusahaan hingga terkait layanan perusahaan.
Company profile memiliki peranan yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan. Sebagai media promosi, company profile termasuk dalam pengenalan perusahaan secara lebih profesional. Oleh karena itu, jika perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam dunia bisnis, alangkah baiknya untuk membuat company profile agar lebih membantu dalam perkembangan bisnismu.
Lalu, sebenarnya apa saja sih, manfaat company profile bagi sebuah perusahaan? Nah, dalam artikel kita akan membahas terkait manfaat company profile bagi sebuah perusahaan dan bagaimana cara membuat company profile yang baik.
Manfaat Company Profile bagi Perusahaan
1. Media Informasi Perusahaan yang Lengkap
Company profile menjadi salah satu alat media informasi yang lengkap. Di dalam company profile sendiri, bisa kamu masukkan terkait informasi perusahaan, seperti alamat perusahaan, kontak perusahaan, dan terkait dengan layanan perusahaan itu sendiri. Dengan penyampain informasi yang lengkap, akan membantu calon klien atau partner untuk terhubung dengan perusahaanmu secara lebih mudah.
2. Menyampaikan Visi dan Misi perusahaan
Visi misi adalah identitas dasar sebuah perusahaan. Tanpa adanya visi misi, kecil kemungkinan sebuah perusahaan akan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, company profile hadir untuk membantu memaparkan visi misi perusahaan. Dengan begitu, hal ini juga akan memudahkan calon klien atau partner untuk mengetahui arah tujuan perusahaanmu.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Company profile juga dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness perusahaan. Brand awareness atau kesadaran merek merujuk pada sejauh mana konsumen mengenal atau mengingat kembali suatu produk/brand. Penyampaian informasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan akan memungkinkan perusahaanmu dalam mendapatkan kesan yang positif dan diingat oleh para calon klien.
4. Meningkatkan Citra Perusahaan
Manfaat company profile selanjutnya adalah dapat membangun dan meningkatkan citra perusahaan. Company profile yang disusun dengan baik dan jelas akan membuat perusahaan terkesan lebih profesional dan calon klien atau partner pun akan lebih mempercayai produk atau jasa yang ditawarkan.
5. Membantu Meningkatkan Pemasaran
Sebagai salah satu media promosi, company profile juga dapat membantu meningkatkan pemasaran. Terlebih jika company profile dalam bentuk digital seperti website. Hal ini akan membantu perusahaanmu dalam menemukan klien. Sebab, mereka dapat menemukannya melalui Search Engine Result Page (SERP) Google.
Cara Membuat Company Profile yang Baik
Setelah mengetahui deretan manfaat company profile bagi perusahaan, selanjutnya kami akan membagikan tips tentang cara membuat company profile yang baik. Berikut adalah cara-cara membuat company profile yang baik:
- Membuat company profile perusahaan yang singkat, padat, dan jelas. Anda dapat memilih poin-poin penting perusahaan yang dapat Anda bagikan kepada pembaca.
- Masukkan data-data perusahan yang terupdate dan akurat. Ini meliputi struktur organisasi, portofolio perusahaan, kegiatan perusahaan, dan lainnya.
- Membuat company profile yang kreatif dan eksklusif. Hal ini meliputi desain visual yang menarik dan penggunaan bahasa yang baik, sehingga menampilkan compro yang elegan, profesional dan menjual.
Materi Isi Company Profile
1. Cover Depan
Cover adalah bagian pertama yang wajib dicantumkan dalam membuat company profile. Bagian ini berisi tentang judul atau nama perusahaan. Usahakan untuk membuatnya dengan desain yang menarik.
2. Kata Pengantar
Bagian kata pengantar, umumnya bersifat opsional, tetapi alangkah baik juga jika dicantumkan. Bagian ini biasanya berisi suatu ucapan syukur ataupun sambutan dari pemilik perusahaan.
3. Profile Perusahaan
Bagian ini berisi tentang informasi perusahaan seperti sejarah berdirinya, bidang usaha yang dikerjakan. Usahakan untuk menjelaskan bagian ini dengan kata-kata yang baik dan semenarik mungkin.
4. Visi dan Misi
Visi misi adalah bagian penting yang wajib dicantumkan dalam company profile. Sebab, dengan mencantumkan visi-misi, calon klien akan mengetahui langkah dan tujuan perusahaan Anda.
5. Produk / Layanan Jasa Perusahaan
Mencantumkan produk atau jasa layanan juga penting, sebab hal ini menjadi pokok utama pembuatan company profile. Dengan begitu, calon klien akan mengetahui produk atau jasa apa yang ditawarkan.
6. Kelebihan Perusahaan
Kelebihan perusahaan perlu Anda cantumkan agar orang lain dapat mengetahui kelebihan perusahaan Anda. Hal ini juga agar menjadi alasan dasar mereka untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.
7. Portofolio Perusahaan
Cantumkan portofolio yang berupa hasil produk atau layanan yang sudah pernah dikerjakan selama ini. Hal ini dapat menunjang kepercayaan klien terhadap perusahaan.
8. Galeri Foto
Di bagian ini, Anda dapat mencantumkan beberapa foto perusahaan, baik itu produk, kantor, kegiatan operasional dan lainnya.
9. Daftar Klien
Mencantumkan klien atau mitra juga menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, hal ini juga akan menunjang kredibilitas dan kepercayaan calon klien terhadap perusahaan.
10. Cover Belakang dan Kontak Informasi
Layaknya cover depan, cover belakang juga wajib dicantumkan. Biasanya, cover belakang berisi alamat perusahaan, nomor telepon, email, website, dan sosial media.
Itu dia manfaat dan langkah-langkah dalam membuat company profile yang baik. Jika Anda kesulitan dalam membuat company profile, Anda dapat menghubungi Jasa Desain Company Profile dari Berdikari Media. Tim Berdikari Media akan siap membantu Anda dalam menciptakan desain company profile yang menarik dan profesional.