BeritaDaerah

IBC 2024: FORMABI-KIP UIN Jakarta Sukses Kenalkan AI dan Literasi di Kalangan Gen Z!

1 Mins read

SEJUK.ID – Departemen Penelitian dan Pengembangan FORMABI-KIP (Forum Mahasiswa Bidikmisi Kip Kuliah) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sukses gelar Intensive Bidikmisi Class (IBC) bertempat di Ruang Serbaguna Lt 4 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Sabtu (13/1/2024). Acara yang didukung oleh Pengurus Pusat Gerakan Pembudayaan Minat Baca (PP GMPB ) dan Perpusnas RI, serta mendapat dukungan khusus dari Smartfren Community. Tema yang diangkat pada IBC kali ini adalah “Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dan Tantangan Terhadap Gerakan Literasi di Masa Depan”.

Kegiatan dimulai dengan registrasi pada Pukul 10.00 WIB, diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari penerima KIP-Kuliah hingga masyarakat umum. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari berbagai pihak, dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana IBC, Harun Nasution, perwakilan BPH FORMABI-KIP, Siti Khodijah, Ketua PP GMPB Nasional, Herlina Mustikasari, MA, Ph.D., dan Dewan Pertimbangan Organisasi, Doni Renaldi S.H.

Setelah serangkaian sambutan, acara utama dimulai dengan pemaparan materi oleh narasumber, yang dimoderatori oleh Ratnasari, dimulai pukul 11.20 WIB. Dr. Dani M Akhyar, S.T. M.Si, memberikan pemaparan interaktif yang melibatkan audiens. Bahkan, narasumber menyediakan doorprize beragam untuk para hadirin yang berpartisipasi aktif, seperti menjawab pertanyaan, memberi pertanyaan, memfoto, dan posting di media sosial dengan tag akun yang ditentukan.

Pemaparan materi berlangsung hingga pukul 12.10 WIB, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan dibagi menjadi satu kloter, di mana kloter pertama diberi kesempatan untuk mengajukan 3 pertanyaan. Narasumber dengan sigap menjawab pertanyaan dari para peserta. Pada pukul 12.20 WIB, pemateri terakhir memberikan closing statement, diikuti oleh pengembalian acara kepada MC untuk pemberian sertifikat kepada narasumber dan foto bersama.

Sebelum acara berakhir pada pukul 12.25 WIB, dilakukan do’a bersama dan pembacaan hamdalah. Peserta umum dipersilakan membubarkan diri, sementara peserta penerima KIP melanjutkan kegiatan sosialisasi fasilitas perpustakaan dari pihak Perpusnas. Sosialisasi ini mencakup informasi mengenai fasilitas dari website Perpustakaan Nasional RI dan fasilitas di dalam gedung 24 lantai.

Setelah sosialisasi selesai, para peserta diundang untuk mengeksplorasi secara mandiri. Pihak kolaborator, Smartfren, mengumumkan pemenang doorprize dari Challenge dan memberikan hadiah kepada peserta yang beruntung. Smartfren juga menyediakan kartu perdana gratis dengan kuota internet hingga 9 Gigabytes kepada 30 pendaftar pertama kegiatan Intensive Bidikmisi-KIP Class. Acara berakhir dengan sukses, meninggalkan kesan positif dan pengetahuan baru, terutama dalam memahami peran dan tantangan AI terhadap gerakan literasi di masa depan. (*)

Reporter Doni Renaldi

666 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Amira Tampil Menyentuh Hati dengan Teks Narasi Tahfidzul Quran pada Wisuda Tahfidz SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Sambutan Testimoni Apresiasi dari Wali Murid Wisudawati SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kenalkan Muhammadiyah ke Masyarakat Iran, PCIM Iran Adakan Kurban

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *