BeritaDaerah

Pondok Ramadhan Bersama SD Musaka Guna Gaungkan Cinta Allah dalam IRAMA

2 Mins read

Sejuk.ID SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng Alhamdulillah telah terselenggara kegiatan pondok Ramadhan yang di selenggarakan selama 3 hari mulai Senin-Rabu tanggal 3-5 April 2023.

Kegiatan pondok ramadhan ini di lakukan satu tahun sekali setiap bulan Ramadhan, dan di adakan di lingkup sekolah, peserta yang mengikuti kegiatan ini mulai dari kelas 1-4 siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng. Kegiatan ini mempunyai tema “Gaungkan Cinta Allah dalam IRAMA (Indahnya Ramadhan Meraih Taqwa)”.

Program ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman tentang nilai-nilai keislaman yang kemudian digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperbanyak amal ibadah khususnya di bulan Ramadan ini yang mana Allah sedang memberikan promo amal besar-besaran. Sehingga bisa meningkatkan dan menjadikan orang bertaqwa serta merasa dekat kepada Allah SWT.

Pada Kegiatan ini terdapat beberapa materi diantaranya adalah tentang ilmu Fiqih Thaharah (wudhu, tayamum) yang pada hari pertama materi ini di sampaikan oleh masing-masing wali kelas pada anak didiknya di kelas yang dimana asatidzah berharap agar supaya kelak siswa-siswi SD Musaka mampu mengetahui bahkan mempraktikkan bagaimana tata cara bersuci dan berwudhu dengan benar karena termasuk sah nya sholat adalah bersuci dengan cara berwudhu, pada hari kedua materi yang disampaikan oleh wali kelas pada anak didiknya adalah tentang Fiqih.

Puasa yang pada materi ini asatidzah juga ingin sekali menanamkan pemahaman tentang Fiqih Puasa agar supaya siswa-siswi SD Musaka bersemangat dalam mempraktikan ilmu yang sudah di pelajari terlebih pada bulan yang suci ini yaitu bulan ramadhan, materi di hari terakhir adalah tentang Fiqih Sholat yang dimana materi ini juga sangat penting untuk diberikan kepada siswa-siswi SD Musaka guna mengetahui keutamaan, rukun, pembatal pada saat sholat sehingga tercipta karakter siswa-siswi yang benar-benar lebih takut pada saat sholat kemudian sewaktu-waktu mereka ingin tidak sholat. Semoga apa yang telah di pelajari oleh siswa-siswi SD Musaka pada kegiatan pondok ramadhan ini bisa menjadikan anak-anak yang sholeh sholehah yang taat pada agama dan bermanfaat bagi mereka.

Dalam acara yang dilakukan selama 3 hari ini, Alhamdulillah berjalan dengan hikmat dan tertib. “Walaupun anak-anak dalam keadaan puasa namun semangat yang dilontarkan mereka yang menjadikan kegiatan Pondok Ramadhan ini berjalan dengan lancar. Terlihat saat mereka selalu mencatat apa yang di sampaikan oleh ustadz/ustadzahnya,” ujar Elsa Febrianti, Ketua Panitia Kegiatan Pondok Ramadhan.

Dengan didampingi oleh para ustadz dan ustadzah para peserta di ajak memahami materi dan diselingi dengan praktek, walau pun dalam kondisi berpuasa semangat para pengajar tidak luntur oleh panasnya suasana hari esok seakan akan terlindung sehingga semangat yang dilontarkan semakin membara dan semoga semangat itu tertular pada seluruh peserta pondok ramadhan kali ini.

“Saya selaku ketua panitia sangat berterima kasih atas kerja sama dari dewan asatidzah karena tanpa kerja samanya acara kegiatan pondok ramadhan takkan bisa berjalan. semoga apa yang diberikan untuk kegiatan pondok ramadhan ini menjadi ladang pahala bagi kita semua, sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan jaga kekompakan ini sampai nanti, aamiin,” harapnya.

Sedangkan Lia Novita Sari, Waka Kurikulum SD Musaka mengatakan, “Alhamdulillah masih bisa berjumpa kembali di bulan ramadhan yang penuh berkah ini. Mari kita isi hari-hari di bulan ramadhan ini dengan kegiatan bermanfaat salah satunya adalah kegiatan rutin selama satu tahun sekali yakni pondok ramadhan,” ucapnya.

Ia berpesan, untuk para asatidzah semoga dengan adanya kegiatan pondok ramadhan ini dapat menjadi ladang pahala dan apapun yang kita lakukan semoga mendapatkan keberkahan oleh Allah SWT.

“Semoga kedepanya pondok ramadhan ini tetap terus ada dan lebih baik lagi dari tahun-tahun yang lalu serta untuk memberikan manfaat semua keluarga besar SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng untuk mencetak generasi-generasi islami yang tangguh sesuai dengan Al-qur’an dan As-Sunnah,” harapnya.

Ia berpesan Pesan untuk siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng, “Semoga di bulan ramadhan ini menjadikan waktu yang bermanfaat dan penambahan ilmu yang menjadikan kebermanfaat dalam beramal,” pungkasnya. (*)

685 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Dosen UMLA Luncurkan Buku Model Pendidikan Karakter Al-Islam dan Kemuhammadiyaaan Berbasis Keterampilan 4C

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kontribusi Lazismu dalam Beasiswa untuk Warga Palestina

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    DPD IMM Kaltim Beraksi: Mengampanyekan Keselamatan di Bekas Tambang untuk Cegah Tragedi Kecelakaan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *