BeritaDaerah

PK IMM Ahmad Syafi’i Ma’arif STKIP PGRI Sumenep Gelar Darul Arqam Dasar

2 Mins read

Sejuk.IDDarul Arqam Dasar (DAD) merupakan perkaderan utama tingkat dasar atau tingkat pertama dari empat tingkat perkaderan yang secara praktis menjadi prasyarat sebagai calon Pimpinan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) di level Komisariat. Secara umum, tujuan terselenggaranya DAD (Darul Arqam Dasar) yaitu membentuk karakter dan kepribadian serta mencetak generasi kader IMM yang unggul dan berkualitas, sehingga kualifikasi kader IMM dapat mempunyai mutu anggota hingga mencapai kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat Komisariat dan Cabang. Serta dapat menginternalisasikan dasar-dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitasnya sebagai bentuk gerakan cendekiawan berpribadi dengan ilmu amaliyah dan amal ilmiah.

Melalui internalisasi Trilogi IMM, dapat menumbuhkan wacana intelektual dan membentuk kader-kader yang siap menjadi pemimpin dan pengurus dalam tingkat Pimpinan Komisariat (PK) serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Trilogi IMM. Oleh sebab itu, Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Syafi’i Ma’arif STKIP PGRI Sumenep menyelenggarakan kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) pada hari Jum’a-Ahad,(9-11/12/2022) yang berlangsung di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep

Adapun tema yang diambil dari kegiatan ini adalah “Membentuk Kader yang Religiusitas, Intelektualitas, dan Humanitas.” Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Sumenep dan perwakilan lainnya dan jajaran dari Pimpinan Komisariat IMM Bahaudin Mudhary Madura UNIBA yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pada kegiatan tersebut ada sekitar 17 peserta yang mengikuti perkaderan DAD tersebut. Diantaranya yaitu mahasiswa STKIP PGRI Sumenep dan mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep.

Kegiatan ini juga merupakan program kerja dari Bidang Perkaderan PK IMM Ahmad Syafi’i Ma’arif STKIP PGRI Sumenep yang berlandaskan dengan SPI (Sistem Perkaderan Ikatan), Al-Qur’an dan Hadist dan AD/ART IMM. Pada kegiatan perkaderan tersebut mencakup 5 materi yang disampaikan dalam proses perkaderan tersebut. Adapun uraian materi pada kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) tersebut diantaranya, Keislaman, ke-Muhammadiyahan, ke-IMMan, ke-Organisasian, dan Teknik Persidangan.

Bagus Baydhowi atau biasa disapa Bagus sebagai perwakilan dari panitia kegiatan DAD tersebut menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini. “Tujuan diselenggarakannya kegiatan perkaderan ini yakni sebagai pelatihan dalam keorganisasian dan kepemimpinan, dimana hal ini merupakan sebuah pelatihan kepada para mahasiswa yang nantinya sebagai bekal untuk mengurus organisasi yang ada di kampusnya. Khususnya di dalam Pimpinan Komisariat nanti,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan “Kami mengambil tema ini dengan harapan besar kepada para peserta DAD yakni dengan tujuan, alumni DAD ini bisa menjadi mahasiswa yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi, rasa religiusitas yang mumpuni, dan tidak hanya menguasai dunia IPTEK saja tetapi, juga menguasai ilmu pengetahuan di bidang IMTAQ yakni Iman dan Taqwa,” imbuhnya.

Kemudian Immawan Barri Yusroni Arrosi,S.H selaku Ketua Umum PC IMM Sumenep manyampaikan dalam sambutannya. “Darul Arqam Dasar adalah sebuah perkaderan utama bagi kader IMM untuk membentuk kader yang Religiusitas, Intelektualitas, dan Humanitas. Dan jangan mengeluh terhadap proses. Karena, dengan proses, kalian akan menjadi orang yang sukses. Pasca DAD ini, kalian akan mengemban amanah untuk menjadi panutan bagi mahasiswa lainnya baik dari segi intelektual, akhlak, ataupun moralnya. Dan jadilah mahasiswa yang berkemajuan, berlomba-lomba dalam menciptakan kebaikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Immawan Bagus juga menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan ini. “Harapan saya kepada kader-kader baru PK IMM Ahmad Syafi’i Ma’arif STKIP PGRI Sumenep, semoga kalian bisa menjadi mahasiswa yang sesuai dengan Trilogi dan Trikoda IMM dan teruslah berfastabiqul Khoirot dimanapun dan kapanpun,” tuturnya.

“Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan perkaderan DAD ini, nantinya dapat melahirkan kader-kader baru yang memiliki jiwa spirit dan semangat yang tinggi dalam memperjuangkan tongkat estafet kepemimpinan dalam berorganisasi di Muhammadiyah. Serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai Ikatan yang terkandung di dalam Trilogi IMM,” pungkas Sekretaris Umum PK IMM Ahamd Syafi’i Ma’arif STKIP PGRI Sumenep ini.

Reporter : Septi Sartika

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *