BeritaDaerah

Pesantren Quran Kayuwalang Rayakan Milad Ke-15 Tahun

1 Mins read

SEJUK.ID – Pesantren Quran Kayuwalang, sebuah lembaga pendidikan Islam di Kota Cirebon, merayakan ulang tahun ke-15 dengan suka cita dan kehangatan pada Jumat (8/3/2024). Acara perayaan tersebut menjadi momen penting bagi pesantren yang telah berdedikasi memperkokoh pendidikan Quran dan membangun keharmonisan sosial di tengah masyarakat.

Dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya, Pesantren Quran Kayuwalang menggelar serangkaian kegiatan yang menarik. Di antaranya adalah lomba MHQ (Menghafal Quran), pidato, dan juga adzan. Peserta lomba berasal dari beragam sekolah dasar dan menengah di wilayah kota dan kabupaten Cirebon, menunjukkan animo yang tinggi terhadap kegiatan keagamaan.

Tidak hanya itu, pesantren ini juga mengundang sejumlah tokoh agama dan pendidikan untuk berbagi pemikiran dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Salah satu pembicara yang hadir adalah Dr. Moh Zaedi MAg, dekan Fakultas PAI Universitas Wiralodra, yang memberikan tausiah tentang pentingnya memperkuat keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT menjelang bulan Ramadan.

“Kita perlu menjauhi kemaksiatan dan meningkatkan ibadah sebagai bentuk persiapan menyambut bulan suci Ramadan,” ujar Zaedi dalam tausiahnya.

Acara ini juga menjadi kesempatan untuk menandatangani nota kesepahaman (MOU) antara pesantren dengan Institut Mahardika dan lembaga charity/sosial YAUM. Moh Taufik dari Institut Mahardika menyatakan kebanggaannya atas kolaborasi ini, terutama dalam hal penguatan santri penghafal Al-Quran.

“Institut Mahardika siap memberikan dukungan penuh kepada lulusan MA pesantren Quran Kayuwalang dengan menyediakan beasiswa penuh dan fasilitas belajar mengajar,” ungkap Taufiq.

Sementara itu, dari pihak YAUM, direktur Yusuf, S.E.l., menegaskan dukungan bagi santri pesantren Quran Kayuwalang yang yatim dan dhuafa. Termasuk di dalamnya adalah bantuan biaya pendidikan hingga menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Quran.

Kyai Agus Talik SAg MPd, pimpinan pesantren Quran Kayuwalang, turut mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT serta berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pesantren selama 15 tahun ini.

“Kami juga mengajak masyarakat, khususnya di wilayah Cirebon, untuk menitipkan putra-putri terbaiknya di pesantren ini, yang tidak hanya fokus pada tahfizh Quran, tetapi juga didukung melalui lembaga formalnya, yaitu SMP IT – MA Pesantren Quran Kayuwalang,” pungkas Kiai Agus. (*)

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *