BeritaDaerah

Berproses dan Berprogres, Begini Kesan Rizki Usai Ikuti PID PC IMM Bangkalan

2 Mins read

Sejuk.IDPimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Bangkalan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) pada Senin-Kamis (26-29/12/2022) yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Bangkalan. Kegiatan tersebut mengusung tema tentang “Kristalisasi Perkaderan: Wujudkan Inklusifitas Instruktur Kreatif dan Inovatif”.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya regenerasi serta penguatan kapasitas dan pengembangan ketrampilan Instruktur. Sehingga, mampu mengelola dan mengembangkan perkaderan IMM sesuai dengan kebutuhan Ikatan dan kondisi zaman.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) ini adalah untuk terciptanya tenaga Instruktur yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi dalam menjadi Instruktur Cabang dalam perkaderan di tingkat Komisariat. Serta mampu mewujudkan Instruktur yang memiliki kesadaran kritis, dinamis, dan progresif dalam menghadapi pluralitas, sekaligus memiliki strategi solutif di era modern, serta cakap dalam mengelola perkaderan dan menjaga keberlangsungan Korps Instruktur.

Adapun materi yang telah disampaikan dalam kegiatan Pelatihan Instruktur Dasar (PID) tersebut berjumlah 8 materi. Diantaranya yaitu, Sistem Perkaderan Rasulullah (SPR), Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM), Sistem Perkaderan Ikatan (SPI), ke-Instrukturan, Psikologi Kader, Creative Monitory, Mapping Monev, dan Grand Design.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 30 kader IMM se-Regional Jawa Timur. Yang terdiri dari kader IMM Bangkalan, Sumenep, Surabaya, Lamongan, Pasuruan Raya, dan Jember.

Immawan Rizki Wahyudi atau biasa disapa Rizki, sebagai salah satu peserta yang mengikuti kegiatan PID tersebut. Dia merupakan salah satu kader yang berasal dari Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bahaudin Mudhary UNIBA Madura. Immawan Rizki juga termasuk salah satu mahasiswa semester 3 dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA).

Immawan Rizki menyampaikan tujuannya mengikuti kegiatan perkaderan PID ini. “Selain karena dari tuntutan cabang, dengan minimnya seorang Instruktur. Saya mengikuti perkaderan ini, dengan tujuan untuk bisa langsung mengetahui cara perkaderan yang sebenarnya. Di mana perkaderan ini bukan hanya dari perkataan saja, melainkan dari pengetahuan dan pengaplikasiannya secara langsung, yang nantinya dapat menggerakkan jalannya perkaderan,” ungkapnya.

Dia pun menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Kesan saya sendiri tidak menyangka bahwa saya mampu bertukar pikiran bersama dengan para kader IMM se-Regional Jawa Timur ini. Dan awalnya saya tidak mengetahui banyak tentang arti dari sebuah pergerakan di perkaderan IMM ini, tetapi setelah saya mengikuti kegiatan PID ini saya lebih faham tentang konsep dari sebuah perkaderan di IMM,” ujarnya.

Immawan Rizki juga menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan perkaderan PID ini. “Harapan saya tidak hanya sampai disini saja, semoga kedepannya saya bisa berproses dan berprogres bersama dengan teman-teman seperjuangan dan masih banyak hal yang harus dibenahi bersama, meskipun sudah tidak di dalam satu forum perkaderan lagi,” ungkapnya.

“Semoga dengan saya mengikuti kegiatan perkaderan PID ini, saya bisa menjadikan ilmu pengetahuan yang telah saya dapatkan dari perkaderan ini, untuk lebih mengembangkan pergerakan Ikatan. Demi mempermudah para kader IMM tentang pemahaman dalam menghidupi Ikatan bukan untuk mencari hidup di dalam Ikatan,” pungkas Sekretaris Bidang Perkaderan PK IMM Bahaudin Mudhary UNIBA Madura ini.

Reporter : Septi Sartika

585 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    SMK Kesehatan Sunan Kalijaga Menggelar Workshop Tentang Peluang Bisnis Herbal

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Pemilu 2024 Indonesia: Pernyataan dan Ajakan dari Ketua Umum DPP IMM

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    iLamongan Bersinar di Kunjungan Perpustakaan ke SDIT Alfurqan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *