Opini

Pentingnya Pancasila Sebagai Dasar Negara dalam Pergaulan

3 Mins read

Sejuk.IDKeadilan bagi masyarakat majemuk seperti Indonesia masih belum disepakati. Masalahnya, bentuk keadilan tidak sesuai dengan pemahaman dan penghayatan keadilan. Keadilan adalah sesuatu yang sangat sulit dicapai. Keadilan adalah impian orang akan kehidupan yang baik layak yang memenuhi hak hidupnya. Berlari dalam kehidupan, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa dibedakan dengan kelemahan dan ketiadaan Justru kelemahan dan kekurangan inilah yang membuat penyelenggaraan peradilan menjadi sulit mengerti, karena keadilan adalah milik Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai sebuah negara, penting untuk memiliki dasar yang kuat dalam menjalin pergaulan, baik di dalam maupun di luar negeri. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam memandu pergaulan dan membentuk identitas bangsa. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Pancasila penting sebagai dasar negara dalam pergaulan :

Kesatuan dan Keberagaman

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa. Pancasila memberikan dasar yang kuat untuk menciptakan kesatuan di tengah-tengah keberagaman tersebut. Nilai-nilai Pancasila, seperti persatuan, gotong royong, dan toleransi, mempromosikan harmoni sosial dan menghargai perbedaan.

Nilai-nilai Moral

Pancasila mengandung nilai-nilai moral yang menjadi landasan dalam menjalankan pergaulan. Misalnya, Ketuhanan Yang Maha Esa mengajarkan penghormatan terhadap nilai-nilai keagamaan dan etika, sedangkan kemanusiaan yang adil dan beradab menekankan perlunya saling menghormati dan memperlakukan manusia dengan adil. Dalam demokrasi Pancasila mengakui prinsip dasar demokrasi dalam pemerintahan dan pergaulan. Prinsip-prinsip demokrasi, seperti musyawarah untuk mufakat dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, menjadi panduan dalam membangun hubungan antara pemerintah dan rakyat, serta antara sesama warga negara.

Keadilan Sosial

Pancasila menempatkan keadilan sosial sebagai tujuan negara. Ini berarti adanya upaya untuk menciptakan kesetaraan kesempatan dan memperbaiki kesenjangan sosial. Dalam pergaulan, prinsip keadilan sosial ini mendorong pemerintah dan masyarakat untuk bekerja bersama dalam memperjuangkan kesejahteraan bersama.

Identitas Nasional

Pancasila memberikan identitas nasional yang jelas bagi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi referensi dalam memahami nilai-nilai, tujuan, dan cita-cita bangsa. Ini membantu memperkuat rasa kebangsaan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia.

Dalam pergaulan di tingkat Internasional, Pancasila juga berperan penting dalam membangun hubungan dengan negara-negara lain. Prinsip-prinsip Pancasila, seperti perdamaian dunia, kerja sama internasional, dan menghormati kedaulatan negara, menjadi pijakan dalam diplomasi dan kerjasama bilateral maupun multilateral. Namun, perlu diingat bahwa dalam menjalankan Pancasila sebagai dasar negara, penting untuk menjaga keberagaman pendapat dan memberikan ruang bagi partisipasi publik dalam merumuskan kebijakan yang berdampak pada pergaulan.

Demokrasi dan hak asasi manusia harus tetap dijunjung tinggi, sehingga Pancasila dapat menjadi landasan yang inklusif dan adaptif sesuai dengan perkembangan zaman. Permasalahan yang muncul dalam menafsirkan hakikat pancasila adalah menghambat perkembangan hukum yang baik. Pancasila bersifat fleksibel,pantau terus. Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda mengenai hal ini Hakikat Pancasila, tergantung kebutuhan keilmuan yang mereka gunakan. Akan Namun, meneliti dan mempelajari hakikat pancasila memerlukan pemahaman yang mendalamoleh para ahli agar tidak menimbulkan multitafsir ketika menafsirkan sifatnya Pancasila.

Dalam Pancasila, hakikat keadilan harus dijelaskan dengan norma hukum yang bebas dari kepentingan pribadi atau golongan. Perwujudan kebenaran Terhadap standar hukum pancasila tentunya pancasila dapat menawarkan nilai tersendiri menjamin keadilan dalam penyelenggaraan keadilan hukum bagi rakyat Indonesia. Keadilan Hukum yang bersumber dari Pancasila diharapkan mampu memahami Arti keadilan yang sebenarnya, yang berasal dari bangsa kita sendiri, tidak melakukannya warisan orang asing. Keadilan berdasarkan Pancasila harus dilaksanakan, dikembangkan, dan dimasukkan ke dalam hukum Indonesia sehingga keadilan ditegakkan memberikan perlindungan hak dan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia legislasi Filsafat pancasila merupakan hasil pemikiran atau pemikiran yang mendalam dari bangsa Indonesia yang diperhatikan, dipercayai dan diyakini oleh bangsa Indonesia sebagai sesuatu (kenyataan, norma, nilai) yang paling benar, paling adil, paling paling bijak, terbaik dan paling cocok untuk bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara sering disebut falsafah dasar negara (philosofiche grondslag) negara, ideologi negara bagian (sisi staat). Dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai dasar peraturan Pemerintahan negara, dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk memerintah administrasi Negara. Pancasila sebagai Dasar Negara. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara sebagaimana dimaksud adalah sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alinea IV yang secara jelas menyatakan bahwa Pancasila adalah norma dasar atau fundamental Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai dasar negara, pancasila digunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia, artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan sistem ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila. Ini juga berarti bahwa, semua peraturan yang berlaku di negara Republik Indonesia Indonesia harus berlandaskan Pancasila. Pancasila telah terbukti mampu mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia dan menghindarkan Indonesia dari konflik yang bisa merusak tatanan kehidupan sosial, politik, dan ekonomi.

Oleh karena itu, pancasila tetap diperlukan sebagai dasar negara dalam pergaulan indonesia,terutama dalam menjaga keamanan dan stabilitas negara, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Setiap negara memiliki keunikan dan kondisi yang berbeda-beda, sehingga penggunaan pancasila sebagai dasar negara tidak selalu cocok untuk semua negara.

Oleh sebab itu, setiap negara harus mempertimbangkan konteks dan kebutuhan mereka sendiri dalam menentukan dasar negara yang sesuai untuk mereka. Pancasila adalah landasan utama dan pedoman bagi Pancasila adalah dasar danpedoman utama bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan segala aktivitas masyarakat, bangsa dan negara.

Penulis : Aisyah Nur Ahmadah (Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang)

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    Opini

    Aktivis Muda Muhammadiyah Jawa Barat Mantap Mendukung Ganjar-Mahfud MD

    2 Mins read
    Opini

    Identitas Indonesia: Simfoni Kebhinekaan Abadi

    3 Mins read
    Opini

    Tingkat Dampak Positif Video Game pada Aspek Kognitif Sosial

    2 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *