BeritaDaerah

Pemuda Muhammadiyah Jaktim Dorong Pemuda Melek Isu Sosial

1 Mins read

Sejuk.IDPimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Jakarta Timur (PDPM Jaktim) telah melaksanakan Baitul Arqam Dasar (BAD) selama tiga hari pada 30 Juni-2 Juli 2023. Kegiatan dengan tema “Optimalisasi Kaderisasi Menuju Pemuda Hebat Jakarta Timur Berdaulat” ini digelar di Komplek Perguruan Muhammadiyah Keramatjati, Jakarta Timur.

Kegiatan ini merupakan inisiasi Bidang Pendidikan dan Pengkaderan PDPM Jakarta Timur dalam rangka mempersiapkan kader Pemuda Muhammadiyah di Jakarta Timur. Kegiatan yag berlangsung tiga hari dua malam ini diisi oleh narasumber dari unsur kepemudaan, akademisi, dan pemerintahan.

Kegiatan ini terdiri atas pemaparan materi, diskusi, dan analisis lingkungan. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari berbagai macam latar belakang ada yang merupakan guru, mahasiswa, siswa, juga unsur pekerja lainnya yang masing-masing merupakan delegasi dari Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah se-Jakarta Timur
Ketua pelaksana BAD, Ahmad Ruslan, berharap BAD ini dapat menjadi solusi bagi peroblem sosial dan lingkungan. “Dengan adanya Baitul Arqam Dasar ini semoga menjadi solusi alternatif bagi problematika sosial-lingkungan Jakarta Timur agar tercipta pemuda hebat, Jakarta Timur Berdaulat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Jakarta Timur Muhammad Firdaus menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan perkaderan pertama bagi kader Pemuda Muhammadiyah.
“Kegiatan pengkaderan ini merupakan pengkaderan pertama yang harus dilakukan untuk menjadi kader Pemuda Muhammadiyah, harapannya pemuda-pemuda yang ikut dalam kegiatan ini bisa menjadi seperti para sahabat yang dididik oleh Rasullulah SAW di rumah Arqam bin Abil al-Aqram al-Mahzumi, untuk membawa kebermanfaatan bagi Jakarta Timur,” kata dia menjelaskan.

Selain itu, Khumaidi Rahman, selaku sekertaris Pemuda Muhammadiyah Wilayah DKI Jakarta menuturkan, pemuda sangat penting memiliki bekal ilmu. “Jika para pemuda ingin berkiprah di kepemudaan harus memiliki bekal ilmu, saking pentingnya ilmu Allah sudah berjanji akan meningkatkan drajat orang yang berilmu,” ujarnya.

Acara ini diakhiri dengan rencana tindak lanjut, yakni dengan menganalisis permasalahan yang ada di Jakarta Timur kemudian peserta juga merumuskan solusi dan pengaplikasiannya dalam masyarakat.

Reporter : Mujahid

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *