BeritaDaerah

PC IMM Tulungagung Menggelar DAD Akbar Guna Mewujudkan Relevansi Gerakan Ikatan

2 Mins read

Sejuk.ID Darul Arqam Dasar (DAD) merupakan perkaderan utama tingkat dasar atau tingkat pertama dari empat tingkat perkaderan yang secara praktis menjadi prasyarat sebagai calon Pimpinan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) di level Komisariat. Secara umum, tujuan terselenggaranya DAD (Darul Arqam Dasar) yaitu membentuk karakter dan kepribadian serta mencetak generasi kader IMM yang unggul dan berkualitas, sehingga kualifikasi kader IMM dapat mempunyai mutu anggota hingga mencapai kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat Komisariat dan Cabang. Serta dapat menginternalisasikan dasar-dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitasnya sebagai bentuk gerakan cendekiawan berpribadi dengan ilmu amaliyah dan amal ilmiah.

Melalui internalisasi Trilogi IMM, dapat menumbuhkan wacana intelektual dan membentuk kader-kader yang siap menjadi pemimpin dan pengurus dalam tingkat Pimpinan Komisariat (PK) serta dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Trilogi IMM serta mampu menanamkan Ideologi Muhammadiyah dan IMM kepada kader-kader baru di periode selanjutnya. Oleh sebab itu, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) Akbar pada hari Selasa-Kamis,(13-15/12/2022) yang berlangsung di MI Muhammadiyah Junjung.

Adapun tema yang diambil dari kegiatan ini adalah “Aksentuasi Nilai Ideologi Guna Mewujudkan Relevansi Gerakan Ikatan.” Acara tersebut juga dihadiri oleh Ayahanda Dr. Anang Imam Massa Arif selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), perwakilan dari Lazizmu, Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Junjung, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Tulungagung, Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Tulungagung, FOKAL Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Tulungagung, Ketua Umum Pimpinan Cabang (PC) IMM Tulungagung dan perwakilannya serta jajaran dari Pimpinan Komisariat (PK) IMM Ahmad Dahlan UIN Satu Tulungagung dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Tulungagung yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan perkaderan DAD tersebut berjumlah 32 peserta. Diantaranya terdiri dari kader Pimpinan Komisariat (PK) KH.Ahmad Dahlan Universitas Islam Negeri (UIN) Satu Tulungagung dan PK IMM STAIM Tulungagung.

Kegiatan ini juga merupakan program kerja dari Bidang Perkaderan PC IMM Kabupaten Tulungagung yang berlandaskan dengan SPI (Sistem Perkaderan Ikatan), Al-Qur’an dan Hadist dan AD/ART IMM. Pada kegiatan perkaderan tersebut mencakup 5 materi yang disampaikan dalam proses perkaderan tersebut. Adapun uraian materi pada kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) Akbar tersebut diantaranya, Keislaman, Kemuhammadiyahan, ke-IMMan, GERMA (Gerakan Mahasiswa), dan Strategi Influeencer.

Immawati Ervira Mayasari atau biasa disapa Maya sebagai Ketua Pelaksana DAD Akbar ini menyampaikan bahwa “Diadakannya kegiatan ini guna untuk menanamkan ideologi, karna dirasa dari teman-teman belum mempunyai background organisasi dan belum mengenal Muhammadiyah dan IMM secara keseluruhan. Nantinya bagi teman-teman yang yang sudah faham tentang Ideologi dan gerakannya, dapat menjadi kader yang mampu mewujudkan relevansi gerakan Ikatan,” ungkapnya.

Kemudian, Immawati Norlin Zuriatmy, S.Pd atau biasa disapa Norlin sebagai Ketua Umum PC IMM Kabupaten Tulungagung menyampaikan dalam sambutannya ”
DAD bersama ini dilaksanakan guna untuk memperdalam Ideologi dari kader-kader baru dan juga untuk mempersiapkan tonggak Pimpinan umat. Dan bagaimana peran mahasiswa nantinya, dapat menjadi agen of change di dalam masyarakat dan juga dapat memberikan stimulus bahwa mahasiswa itu tidak hanya mengedepankan akademisnya saja, akan tetapi mampu melakukan kebaikan-kebaikan melalui organisasi IMM. Sesuai dengan slogan IMM, bahwa mahasiswa perlu mengedepankan intelektual dan moralnya,” ujarnya.

Terakhir Immawati Maya manyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan perkaderan DAD ini. “Harapannya, semoga dengan diselenggarakannya kegiatan perkaderan DAD Akbar ini, nantinya dapat melahirkan kader-kader baru sebagai pemimpin untuk IMM Tulungagung yang lebih baik dan lebih berkemajuan. Fastabiqul Khoirot,” pungkas Ketua Pelaksana DAD Akbar PC IMM Tulungagung ini.

Reporter : Septi Sartika

666 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Amira Tampil Menyentuh Hati dengan Teks Narasi Tahfidzul Quran pada Wisuda Tahfidz SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Sambutan Testimoni Apresiasi dari Wali Murid Wisudawati SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kenalkan Muhammadiyah ke Masyarakat Iran, PCIM Iran Adakan Kurban

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *