BeritaDaerah

Meneladani Akhlak Rasulullah, PC IMM Sumenep Gelar Peringatan Maulid Nabi

3 Mins read

Sejuk.ID – Pada tanggal 12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah adalah peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, ada banyak sekali pelajaran di dalamnya yang perlu kita contoh dan kita teladani. Mengingat perjuangan dakwahnya, kesabarannya dan akhlak mulianya yang patut kita contoh dan dapat mengamalkannya ke dalam kehidupan sehari-hari kita.

Perayaan maulid adalah bentuk kecintaan kita kepada insan yang paling mulia dan makhluk yang paling utama Baginda Rasulullah SAW melalui perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diingatkan untuk terus mencintai Baginda Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sumenep pada hari Ahad, (16/10/2022) mengadakan kegiatan kajian keislaman dengan tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW Sebagai Bekal Untuk Mengembangkan Pribadi yang Unggul” yang berlangsung di Aula SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat kembali perjuangan beliau dalam menegakkan ajaran agama Islam. Adapun Master of Ceremony (MC) pada kajian ini yaitu Immawan Moh.Ridho Ilahi Robbi dan pemateri pada kajian ini yaitu Ayahanda H.Abdul Ghani,S.Pd. Kegiatan kajian ini juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sumenep Immawan Barri Yusroni Arrosi,S.H dan juga seluruh kader PK IMM Kabupaten Sumenep juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya yaitu PK IMM Bahauddin Mudhary UNIBA Madura, PK IMM Ahmad Syafi’i Ma’arif dan PK IMM Buya Hamka UNIJA dan beberapa tamu undangan lainnya seperti ketua PDM ( Pimpinan Daerah Muhammadiyah) Kabupaten Sumenep PDA ( Pimpinan Daerah Aisyiyah ) Kabupaten Sumenep dan pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sumenep yang ikut menyemarakkan kegiatan Kajian Maulid Nabi.

Immawati Siti Rahmawati, S.Pd menyampaikan bahwa, “Tujuan diangkatnya tema kali ini karena kita perlu untuk meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW karena Beliau adalah Uswatun Hasanah yang merupakan Rasul yang dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi kita semua,” ujarnya.

Immawati Rahmawati juga menambahkan “Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momentum atau bentuk satu media dakwah PC IMM Kabupaten Sumenep untuk selalu meneladani akhlak dan juga kepribadian Rasulullah SAW,” pungkas ketua bidang Tabligh Kajian Keislaman PC IMM ini.

Kegiatan kajian ini diisi langsung oleh Ayahanda H.Abdul Ghani, S.Pd menyampaikan bahwa tugas utama Rasulullah SAW adalah menyempurnakan akhlak yang baik. Dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang baik”.

Ayahanda Abdul Ghani juga menyampaikan kesan saat beliau mengisi materi pada kegiatan kajian yaitu “Saya merasa sangat bersyukur sekali dapat menghadiri kegiatan ini untuk mengisi materi dalam rangka acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan insya Allah apa yang sudah saya berikan hari ini bisa diterima dengan baik kepada seluruh peserta yang mengikuti kajian ini dan tentunya dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin,” ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh Kader IMM Sumenep yang telah mengikuti kajian ada peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW ini yaitu “Teruntuk semua kader IMM yang telah mengikuti kegiatan kajian ini, tetaplah membuat kegiatan kajian keislaman seperti ini dan tetap kepakan sayap dalam roda organisasi kampus khususnya di dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Dengan membekali berbagai ilmu yang bisa kita dapatkan, kita pelajari dan bisa kita amalkan,” pungkasnya

Ayahanda Abdul juga menegaskan “Tugas kita adalah berproses dan terus berproses bertumbuh dan berproses kemudian untuk hasil kita serahkan semuanya kepada Allah SWT,” tegasnya

Dalam kegiatan kajian ini yang perlu kita garis bawahi dari penyampaian pemateri yaitu, kita perlu mengasah keilmuan kita seperti mengasah gergaji dan bisa dilakukan dari awal sampai akhir, kemudian jadilah manusia yang proaktif dan tetap bersinergi dalam kegiatan keagamaan seperti ini. Serta kita perlu untuk menghargai sebelum dihargai. Yang paling penting yaitu mengutamakan prioritas dalam aktivitas dan kita perlu berpikir menang dan menang dalam setiap pencapaian hidup ini.

Dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW ini ada hikmah yang dapat kita ambil dari kegiatan ini yaitu dengan kita mengadakan kajian keislaman seperti ini, dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT beserta Nabi Muhammad SAW dan di hari peringatan Ini adalah sebuah momentum bagi kita semua supaya kita dapat terus mengingat, dan merenungkan kembali kisah Nabi Muhammad SAW serta perjuangan Beliau dalam menegakkan ajaran Agama Islam.

Menurutnya, akan tetapi yang perlu kita pelajari saat ini adalah bagaimana cara kita agar kita dapat mengimplementasikan apa yang telah kita ketahui dan kita pelajari dari akhlak Nabi Muhammad SAW. Dengan kita mempelajari, kita dapat mengamalkan apa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW kemudian dapat kita implementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dengan diselenggarakannya Kegiatan ini dapat menambah spirit keilmuan kita dan meningkatkan ghiroh semangat perjuangan para kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah untuk selalu mengingat dan juga menteladani akhlak-akhlak dan kepribadian yang ada pada diri Rasulullah SAW,” pungkasnya. (Septi Sartika)

685 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Dosen UMLA Luncurkan Buku Model Pendidikan Karakter Al-Islam dan Kemuhammadiyaaan Berbasis Keterampilan 4C

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kontribusi Lazismu dalam Beasiswa untuk Warga Palestina

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    DPD IMM Kaltim Beraksi: Mengampanyekan Keselamatan di Bekas Tambang untuk Cegah Tragedi Kecelakaan

    1 Mins read

    2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *