BeritaDaerah

Mahasiswa UNIPA Ubah Kolam Terbengkalai Jadi Berkah

1 Mins read

SEJUK.ID – Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) telah meluncurkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang melibatkan ribuan mahasiswa dalam proyek berdaya guna untuk dua kecamatan, yaitu Prambon dan Krembung, Kabupaten Sidoarjo.

Pada tanggal 1 Agustus 2023, 32 mahasiswa dari UNIPA ditempatkan di Desa Krembung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, dengan tugas khusus untuk mengembangkan potensi desa mereka. Dalam upaya masyarakat mereka yang mulai sejak awal bulan itu, mahasiswa-mahasiswa ini telah bekerja keras dalam menganalisis desa mereka di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Tantra Sakre S. Sn., M.Pd.

Mereka tidak hanya memikirkan gagasan inovatif, tetapi juga berusaha mengubahnya menjadi kenyataan. Beberapa proyek inovatif yang mereka lakukan antara lain merawat tanaman toga, menciptakan taman pojok, dan memperbaiki kolam-kolam yang telah terlantar. Yang menarik adalah upaya mereka dalam menghidupkan kembali kolam yang sudah lama terbengkalai dengan memusatkan perhatian pada budidaya ikan lele.

Tidak hanya itu, kelompok mahasiswa KKN dari UNIPA juga memperbaiki kolam yang ada di belakang balai desa Krembung. Langkah ini disambut baik oleh pihak desa dan masyarakat, yang melihatnya sebagai upaya nyata untuk memajukan komunitas mereka.

Selama masa pengabdian mereka, mahasiswa KKN ini tidak hanya fokus pada pekerjaan fisik, tetapi juga memberikan sosialisasi dan penyuluhan di berbagai bidang, seperti pertanian, seni, dan kegiatan kemasyarakatan. Mereka berperan dalam kegiatan-kegiatan seperti pengadaan plang nama jalan, senam lansia, turnamen voli, dan acara-acara desa lainnya.

Namun, yang menjadi sorotan utama dari program KKN UNIPA tahun 2022 di Kecamatan Krembung adalah upaya mereka dalam memperbaiki kolam ikan lele dan nila yang terletak di belakang balai desa Krembung. Ikan lele, jenis ikan air tawar yang dibudidayakan secara komersial di Indonesia, dan ikan nila, yang memiliki toleransi tinggi terhadap kualitas air yang rendah, menjadi fokus utama dari proyek ini.

H. Supandi, kepala desa Krembung, yang mengelola kolam ikan di desanya, menyatakan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk mengurangi stunting dan juga membantu memenuhi kebutuhan pangan warga setempat.

Dengan bersih-bersih kolam dan perbaikan yang mereka lakukan, mahasiswa KKN UNIPA Adi Buana Surabaya berharap budidaya ikan lele dan nila dapat menjadi inovasi berkelanjutan, memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat desa Krembung meskipun masa pengabdian mereka akan segera berakhir. Dengan semangat gotong royong dan semangat berinovasi, para mahasiswa ini menjadikan KKN sebagai wadah untuk menciptakan perubahan positif dalam komunitas mereka. (*)

Reporter Dimas Candra Rahma Wiguna. Editor Fathan Faris Saputro.

689 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Cerdaskan Umat Lewat Filantropi Keagamaan, Kemenag dan Lazismu Siap Kolaborasi Melalui Pelatihan Keagamaan Berkelanjutan

    3 Mins read
    BeritaNasional

    EdutabMu Kantongi Predikat Gold, Lazismu Raih Penghargaan Zakat Awards 2024 Kategori Program Pendidikan Skala Nasional

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Amanat Bupati Lamongan Kepada BPD pada Penyerahan SK

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *