BeritaDaerah

KKN UNIPA Surabaya: Gerakan Sinau Bareng Cerahkan Desa

1 Mins read

SEJUK.ID – Sebuah langkah inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pedesaan telah diambil oleh 32 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Adi Buana Surabaya (UNIPA). Mereka telah menggelar program “Gerakan Sinau Bareng” di Desa Krembung, Sidoarjo, Jawa Timur (9/8/2023), dengan fokus utama pada sektor pendidikan.

Program ini adalah bagian dari kurikulum wajib KKN bagi mahasiswa UNIPA, yang bertujuan memberikan pengalaman nyata di masyarakat serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup di daerah tersebut. Dalam program kali ini, kelompok mahasiswa KKN ini berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada anak-anak Desa Krembung.

Program pendidikan yang dirancang oleh kelompok mahasiswa KKN UNIPA ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, mereka bertekad untuk meningkatkan minat belajar anak-anak di daerah tersebut. Kedua, mereka ingin meningkatkan pemahaman materi pelajaran dengan pendekatan yang menyenangkan. Ketiga, mereka akan memfasilitasi proses belajar yang lebih interaktif dan mendidik melalui kegiatan “Sinau Bareng.”

Sasaran dari program ini adalah sekolah-sekolah di sekitar balai Desa Krembung, khususnya SDN Krembung 1 dan MINU Mam’baul Maarif. Saat melakukan sosialisasi program Gerakan Sinau Bareng di kedua sekolah tersebut, Kepala Sekolah SDN Krembung 1, M. Wachyudi, mengungkapkan harapannya, “Kami berharap program yang kalian adakan dapat membantu anak-anak sekolah kami agar lebih paham dengan materi pembelajaran,” ucapnya.

M. Wachyudi juga menjelaskan pentingnya program ini dalam membantu siswa memahami materi pelajaran yang dianggap sulit, “Dengan adanya program kegiatan ini, kalian bisa mendampingi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas dan mengajak siswa untuk berkomunikasi secara langsung sehingga mereka paham dengan materi pembelajaran,” tuturnya.

Salah satu kegiatan utama dalam program ini adalah Gerakan Sinau Bareng yang diadakan di balai Desa Krembung, khususnya di gazebo taman baca. Anak-anak diajak untuk belajar bersama secara interaktif dengan metode yang membangun dan menyenangkan. Kelompok mahasiswa KKN sangat antusias menyajikan berbagai materi, termasuk Matematika, IPAS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, dan lain-lain. Selain itu, mereka juga menghadirkan permainan edukatif yang merangsang kreativitas dan potensi intelektual anak-anak.

Program “Gerakan Sinau Bareng” yang digelar oleh kelompok mahasiswa KKN UNIPA ini diharapkan akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan lembaga pendidikan lainnya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil. Dengan pendekatan yang inovatif dan kolaboratif, diharapkan generasi muda di Desa Krembung dapat memiliki bekal pengetahuan yang bagus untuk masa depan yang lebih cerah. Langkah ini membuktikan bahwa pendidikan berkualitas bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat, bahkan di daerah terpencil sekalipun. (*)

Reporter Linda Nur Zakiyah. Editor Fathan Faris Saputro.

639 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Siswi SMPM 13 Campurejo Sukses Menjadi Juara Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Gresik dan Lamongan

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Masjid Al-Hukama dan Al-Birru Raih Juara Inovasi Masjid

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Menuju Era Baru: IPM Gowa Gelar PKMTM II

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *