BeritaDaerah

Mahasiswa UM Surabaya dan Mahasiswa LIPIA Gelar Kegiatan Mahasiswa Fastabiqul Khoirot in Ramadhan

1 Mins read

Sejuk.IDMahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya bersama dengan Mahasiswa Ma’had Umar bin Khattab menyelenggarakan kegiatan Mahasiswa Fastabiqul Khoirot in Ramadhan pada (23-13/03-04/2023) yang berlangsung di Panti Pesantren Tahfidz Tambaksari, Surabaya.

Adapun nama-nama mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Dinda Octavia dari mahasiswa Ma’had Umar bin Khattab, Yuni Shara dan Zahra Zayyinna Hanifah dari mahasiswa UM Surabaya, Yusuf Shabri Amalin Farizeni dan Ibrohim Alfayyi dari mahasiswa Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA).

Zahra Zayyinna Hanifah atau biasa disapa Zahra menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini, “Sesuai dengan nama kegiatan ini yakni Mahasiswa Fastabiqul Khoirot in Ramadhan. Selain bersama dengan Ma’had Umar bin Khattab, kami para mahasiswa studi agama-agama UM Surabaya juga berkolaborasi dengan mahasiswa LIPIA untuk menyemarakkan, menghidupkan dan memantik kembali ghirah Ramadhan di panti asuhan Muhammadiyah Gersikan Surabaya,” ungkapnya.

Dia pun menjelaskan tentang konsep dari kegiatan Fastabiqul Khoirot in Ramadhan ini bahwa kegiatan ini menonjolkan sisi dari pengabdian mahasiswa mulai dari pengelolaan jadwal tadarus, imam dan kultum, pengadaan kajian Fiqih wanita, pembinaan Tahfidz, dan ditutup dengan menonton film edukasi, muhasabah Hifdzil Qur’an serta lomba Muhaadhloroh sebagai ajang evaluasi santri sekaligus memompa semangat di bulan suci Ramadhan.

Lebih lanjut, Zahra juga menerangkan terkait dengan tugas yang diberikan dalam kegiatan tersebut, “Kami menghandle terkait kesantrian, keputrian, dan pengasuhan. Mulai dari pengawalan moral santri, membantu menyiapkan sahur, membangunkan santri, Serta kontroling dalam kegiatan peribadatan seperti tadarus, tahfidz, tahsin, dan penambahan mufrodat,” paparnya.

Dia pun menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan ini, “Harapan kami bahwasanya dari pihak mana pun bisa saling support dengan maksimal. Dan kami berharap kedepannya bisa kembali berkontribusi serta sedikit ilmu dan pengalaman yang kami berikan mampu untuk diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

“Teruntuk adik-adik panti asuhan, tetap semangat dalam bermurojaah dan selalu mencintai Al-Qur’an. Terimakasih kepada asaatidz pengurus dan jangan pernah berhenti dalam berkontribusi untuk umat. Jangan pernah berharap untuk diberi, karena seharusnya kita yang memberi,” pungkas kader PK IMM Ushuluddin FIAD UM Surabaya ini.

Reporter: Septi Sartika

685 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Dosen UMLA Luncurkan Buku Model Pendidikan Karakter Al-Islam dan Kemuhammadiyaaan Berbasis Keterampilan 4C

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kontribusi Lazismu dalam Beasiswa untuk Warga Palestina

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    DPD IMM Kaltim Beraksi: Mengampanyekan Keselamatan di Bekas Tambang untuk Cegah Tragedi Kecelakaan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *