BeritaDaerah

Kader Perintis IMM FK UHAMKA Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

2 Mins read

SEJUK.ID – Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) telah sukses menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung pada Ahad, (5/11/2023). Kegiatan ini digelar di lingkungan RT 01 RW 10 Kelurahan Parung Serab, Ciledug, Kota Tangerang, Banten, dengan tema “BREATH, Be Aware of Health”. Acara ini merupakan bagian dari Rencana Tindak Lanjut (RTL) DAD perdana yang diadakan untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran UHAMKA.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga sekitar, serta memberikan edukasi tentang pentingnya pola hidup sehat. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan mencakup pengukuran tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh, pemeriksaan glukosa darah, kolesterol, asam urat, dan tekanan darah. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi nyata dari kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Kedokteran UHAMKA terhadap kesehatan masyarakat.

Ketua PC IMM Jakarta Timur, Alif Huda, dan Steering Committee Ihsan Suaeb turut hadir dalam kegiatan ini, bersama dengan ketua RT Iwan dan warga setempat. Kegiatan dimulai pukul 09.45 WIB dan dihadiri oleh sekitar 40 warga sekitar. Ketua pelaksana kegiatan, IMMawati Khusnul Khotimah, menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar Fakultas Kedokteran UHAMKA tentang kondisi kesehatan mereka serta pentingnya menjalani pola hidup sehat.

“Kegiatan RTL ini adalah bentuk tanggung jawab dan kontribusi nyata dari kader IMM FK UHAMKA dalam bidang kesehatan masyarakat, dan juga bentuk kepedulian terhadap warga setempat. Diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut dan terus bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Alif Huda dalam sambutannya.

Kegiatan inti terdiri dari empat pos pemeriksaan yang dilakukan oleh kader IMM FK UHAMKA. Pos 1 merupakan pos registrasi dan anamnesis, di mana warga diminta untuk berbicara tentang keluhan, riwayat penyakit, dan informasi lain yang diperlukan untuk menentukan jenis pemeriksaan selanjutnya. Pos 2 adalah pos pemeriksaan tanda vital, termasuk pengukuran tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh, dan tekanan darah.

Setelah melewati pos 2, warga dilanjutkan ke pos 3, di mana dilakukan pemeriksaan Point Off Care Test (POCT) yang mencakup pengecekan kadar gula darah sewaktu, kolesterol, dan asam urat. Pemeriksaan yang dilakukan di pos 3 disesuaikan dengan hasil anamnesis awal yang sesuai dengan kebutuhan dan keluhan masing-masing individu. Terakhir, setelah pemeriksaan, warga mendapatkan edukasi sesuai dengan hasil pemeriksaan, termasuk tentang pola hidup sehat, makanan yang dianjurkan atau dihindari, serta pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Hasil dari kegiatan ini mengungkapkan bahwa banyak warga yang mengalami obesitas dan hipertensi, serta beberapa individu mengalami masalah dengan kolesterol atau asam urat. Rentang usia warga yang melakukan pemeriksaan berkisar dari 21 hingga 78 tahun, dengan berbagai riwayat kesehatan, seperti stroke, diabetes melitus, hipertensi, batu ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

Kegiatan ini berjalan lancar dan berhasil selesai pada pukul 11.30 WIB. Iwan, ketua RT setempat, mengucapkan terima kasih kepada Kader IMM FK UHAMKA atas kegiatan pengabdian masyarakat ini dan berharap kegiatan semacam ini akan terus ada di masa depan.

Pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu mengembangkan jiwa sosial, terutama dalam bidang kesehatan, dan juga meningkatkan soft skill mahasiswa. Selain itu, para kader yang terlibat dalam kegiatan RTL DAD ini diharapkan menjadi pelopor dalam mewujudkan cita-cita Muhammadiyah ke depannya serta terus memberikan manfaat kepada masyarakat. (*)

Reporter Aliya. Editor Fathan Faris Saputro.

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *