BeritaDaerah

IMM DKI Jakarta Luncurkan Buku Risalah Digital

2 Mins read

SEJUK.ID – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jakarta meluncurkan buku berjudul “Risalah Digital: Narasi Reflektif Merespon Era Kekinian” di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Acara peluncuran ini diprakarsai oleh Bidang Riset Pengembangan dan Keilmuan (RPK) DPD IMM DKI Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Wisma Aji, yang merupakan Tim Literasi Digital untuk Kelompok Masyarakat. Hadir pula Dr. Septa Chandra, S.H, M.H, selaku Bidang Hukum dan Advokasi Koornas FOKAL IMM dan Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kegiatan ini dibuka secara simbolis oleh Ketua Umum DPD IMM DKI Jakarta, Ari Aprian Harahap, dengan penyerahan buku kepada Wisma Aji, Septa Chandra, dan para penulis buku.

Muhammad Ikhlas Prayogo, Sekretaris Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan DPD IMM DKI Jakarta, menyatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan buku antologi yang melibatkan kader-kader IMM DKI Jakarta. Hal ini disertai dengan survei untuk mengevaluasi intelektualitas dan arah gerakan IMM DKI Jakarta.

“Selama acara pra Musyda ini kita akan membuat buku lagi, dan tim RPK telah melakukan observasi terhadap kader-kader seluruh DKI. Kami ingin mengetahui sejauh mana intelektualitas kader IMM DKI hari ini dan ke arah mana mereka akan bergerak. Insya Allah, bidang RPK akan membuat pedoman atau survei kecil yang akan diluncurkan saat Musyda,” ungkapnya.

Ketua Umum DPD IMM DKI Jakarta, Ari Aprian Harahap, dalam sambutannya menekankan bahwa peluncuran buku ini merupakan manifestasi dari tagline DPD IMM DKI Jakarta, “Ikhtiar Merawat Nalar.”

“’Ikhtiar Merawat Nalar’ bukan sekadar slogan, melainkan bukti nyata bahwa IMM DKI Jakarta mampu mempertahankan budaya intelektualnya melalui penulisan. IMM Jakarta yang biasanya dikenal dengan intrik-intrik politik, juga perlu membudayakan aktivitas intelektual seperti menulis buku,” ujarnya.

Septa Chandra, Bidang Hukum dan Advokasi Koornas FOKAL IMM, memberikan apresiasi kepada para kontributor buku “Risalah Digital.”

“DPD IMM DKI Jakarta menunjukkan kualitasnya dengan meluncurkan pemikiran kader-kadernya. Ini bukan hanya narasi atau ilustrasi, tetapi aksi nyata melalui penulisan,” jelas Septa Chandra dalam sambutannya di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.

“Saya mengucapkan selamat kepada para kontributor tulisan ‘Risalah Digital’. Semoga ini menjadi pemicu lahirnya tulisan-tulisan berikutnya, dan memotivasi yang lain untuk berkontribusi dalam buku-buku seperti ini, sehingga ide-ide cemerlang kader intelektual ini dapat dipahami dan dibaca oleh banyak orang,” tambahnya.

Wisma Aji, sebagai perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, juga memberikan apresiasi atas peluncuran buku ini dan berharap IMM dapat berperan aktif dalam meningkatkan literasi digital di masyarakat.

“Kami berharap IMM dapat terus berpartisipasi aktif dalam meningkatkan literasi digital di masyarakat. Peluncuran buku ini adalah wujud nyata bagaimana kita bersama-sama meningkatkan literasi digital,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan testimoni dari Bayujati Prakoso, perwakilan DPD IMM DKI Jakarta, serta dua penulis buku “Risalah Digital,” Aulia Putri Al Jannah dan Fita Apriaulia Kusuma Anggorojati.

Penutup acara diisi dengan giveaway beberapa buku kepada peserta yang hadir dan sesi foto bersama seluruh peserta serta pengurus DPD IMM DKI Jakarta.

Buku “Risalah Digital” dapat diunduh dan dibaca secara gratis melalui aplikasi MyEdisi yang tersedia di Playstore. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Irfani ini merupakan hasil dari kegiatan Digital Literacy Activism (DLA) yang diselenggarakan pada 24-26 September 2023. Peluncuran buku ini juga memeriahkan persiapan Musyawarah Daerah (Musyda) DPD IMM DKI Jakarta. (*)