BeritaDaerah

HUT Jakarta Ke-496: Uhamka Satukan Sinergi untuk Masa Depan Jakarta yang Lebih Baik

2 Mins read

Sejuk.IDHari ini DKI  Jakarta memasuki usia ke-496. Di usia yang mendekati 5 abad ini, Jakarta telah melewati berbagai peristiwa bersejarah dari masa ke masa. Pada tiga tahun terakhir, Jakarta berhasil menghadapi pandemi Covid-19 yang telah menghantui sejak 2019 lalu.

Di tengah situasi itu, Kota terpadat ke-28 di dunia ini masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, diantaranya adalah banjir dan tingkat pengangguran yang masih tergolong tinggi. Pada Februari lalu, Badan Statistik DKI Jakarta menemukan bahwa angka pengangguran terbuka DKI Jakarta pada tahun 2022 mencapai 410.585 jiwa. Hal ini tentu patut menjadi perhatian bagi masyarakat dan pemerintah.

Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengungkapkan bahwa tingkat pengangguran dapat diminimalisir dengan mendorong masyarakat memasuki sektor-sektor ekonomi yang menjanjikan lapangan kerja baru. Selain itu, lembaga yang bertanggung jawab perlu membuka dan menyelenggarakan berbagai pelatihan yang dapat mendorong peningkatan keterampilan mereka. Uhamka turut serta meningkatkan ketrampilan masyarakat dengan menawarkan berbagai  program kepada masyarakat Jakarta.

“Berbagai lembaga perlu membuka dan menyelenggarakan pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan masyarakat. Sebagai Perguruan tinggi unggul, Uhamka sering menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, seperti Pengabdian kepada Masyarakat yang sering dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Uhamka,” ujarnya.

Problema lain yang dihadapi masyarakat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta adalah masalah banjir yang tak kunjung usai dan cenderung semakin meningkat intensitasnya. Setiap tahun, Jakarta menjadi sasaran genangan air, Desvian mengungkapkan bahwa masalah banjir merupakan masalah yang harus dihadapi bersama-sama, mulai dari sektor utama yang besar hingga sektor terkecil. Menurutnya, masyarakat perlu mengambil peran aktif dalam meminimalisir dan mencegah banjir di Jakarta. Maka, edukasi dini secara terus menerus penting untuk dilakukan kepada masyarakat.

“Pemerintah memang harus melakukan pencegahan dan pembenahan, tapi masyarakat harus memahami juga tanggungjawab  dan perannya akan pentingnya menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya, serta bagaimana mitigasi banjir perlu diketahui dan dilakukan. Uhamka yang menggeluti sektor pendidikan, perlu juga berperan dalam  mengedukasi masyarakat.

Untuk itu, setiap semester, Uhamka terus mengadakan berbagai kegiatan sosial yang lakukan oleh mahasiswa maupun dosen, diantaranya pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan edukasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa yang dilakukan di Jakarta maupun luar Jakarta, seperti bodetabek sebagai daerah penyangga yang bisa meminimalisir dampak banjir di Jakarta. Diantaranya kegiatan yang dilakukan, berbentuk pelatihan pengelolaan sampah, seperti yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA serta dosen dan mahasiswa FEB Uhamka di Kampung Gedong dengan bentuk kegiatan pelatihan kewirausahaan, pelatihan entrepreneur, serta pengelolaan sampah agar dapat bermanfaat sesuai dengan fungsinya,” tutur Desvian.

Jakarta telah berdiri 496 tahun. Setiap tahun yang telah dilewati menjadi evaluasi di masa lalu serta ungkapan pengharapan untuk masa depan. Masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah Jakarta tentu menjadi tanggung jawab bersama. Maka dari itu, masyarakat dan pemerintah perlu menyatu dan bersinergi untuk membentuk Jakarta yang lebih baik di masa depan.

Hingga saat ini, Uhamka dengan 9 Fakultas yang ada dan Sekolah Pascasarja dari jenjang S1, S2, dan S3 tetap berkomitmen membangun Jakarta dan Indonesia. Membangun melalui pendikan, di Uhamka ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); membangun dari segi kesehatan ada Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Farmasi dan Sains (FFS); membangun teknologi industri ada Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII); membangun ekonomi ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); membangun mental ada Fakultas Psikologi (FPsi), membangun religius keagamaan ada Fakultas Agama Islam (FAI), membangun dan menumbuhkan sosial dan politik ada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), serta ada Sekolah Pascasarja dengan 11 program Studi S2 dan S3 yang siap memajukan Jakarta dan Indonesia di kancah dunia, mari bergabung bersama Uhamka selengkapnya dapat melalui tautan https://uhamka.ac.id/reg/ dan https://linktr.ee/uhamka.

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *