BeritaNasional

FORMABI-KIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adakan Pra-ORMASI 2022 Sebagai Ajang Silaturahmi Penerima Beasiswa KIP Kuliah

2 Mins read

Sejuk.ID Pra Orientasi Mahasiswa Berprestasi 2022 (ORMASI) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Advokasi FORMABI-KIP (Forum Bidikmisi dan KIP kuliah) UIN (Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah diadakan kembali setelah 2 tahun ditiadakan karena adanya Pandemi covid-19.

Pra ORMASI ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai titik awal mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah untuk semakin berprestasi baik secara akademik maupun non akademik. Selain itu, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan mengenai hal-hal teknis dalam dunia beasiswa sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama penerima beasiswa KIP Kuliah.

Pra Ormasi KIP tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu, (10/12/2022) dan dilaksanakan secara luring di Aula Student Center UIN Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 500 peserta yang dinyatakan sebagai penerima manfaat KIP Kuliah. Tahun ini, Pra Ormasi KIP mengusung tema “Peran Intelektual Mahasiswa KIP-K dalam Penguatan Moderasi Beragama di Era Digitalisasi”. Dengan harapan, peserta dapat memberdayakan kemampuan intelektual mereka untuk moderasi beragama yang beradaptasi dengan era digital.

Acara ini berlangsung dari pukul 07.00-13.00 WIB dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Ketua Panitia Ormasi Diwan Hadianto, sambutan Ketua Umum FORMABI KIP M. Al Fath Husein, kemudian dilanjutkan dengan Motivation Session yang disampaikan oleh Drs. Pheni Chalid., SF., M.A., PH.D selaku Interviewer Beasiswa LPDP Luar Negeri dan Dosen FEB UIN Jakarta dengan materi “Tips Mempertahankan Beasiswa”.

Dalam Motivasion Session tersebut, beliau menyampaikan bahwa “Sebagai penerima beasiswa KIP-Kuliah harapannya tidak hanya fokus dalam bidang akademik, melainkan juga turut mengembangkan dan mengasah diri dalam berbagai hal, seperti dengan mengikuti program pembinaan, berorganisasi, dan berprestasi dibidang lainnya,” ungkapnya.

Kemudian acara berikutnya adalah Sharing Session Alumni Bidikmisi KIP Kuliah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam bentuk pengetahuan dan skill antara alumni Bidikmisi dengan penerima KIP-Kuliah. Salah satu Narasumber dalam Sharing Session ini, Doni Renaldi yang juga merupakan Wakil Ketua FORMABI-KIP UIN Jakarta Periode 2021 memberikan pesan kepada peserta Pra-ORMASI bahwa “Untuk menjadi mahasiswa berprestasi dapat dimulai dengan 3 langkah, yaitu Jadilah Berbeda, Jadilah Berani, dan Jadilah Menginspirasi,” tuturnya.

Selain memberikan motivasi kepada para peserta untuk semangat mengejar mimpi dan tidak merasa minder dengan kondisi ekonomi, para narasumber juga mengingatkan bahwa berprestasi tidak harus menjadi yang pertama, seperti hal nya yang disampaikan oleh Virdinda La Ode, CEO & Founder Action.ind, “Kita kadangkala terlalu berambisi sampai lupa bahwa untuk menjadi luar biasa tidak harus selalu menjadi pertama. Kita terlalu disilaukan dengan kedudukan paling tinggi sampai tidak sadar bahwa posisi kedua, ketiga dan seterusnya, masih sama baiknya. Kadang yang kita perlukan hanyalah bersyukur bahwa untuk mengucap rasa syukur kita tidak harus menunggu sesuatu yang besar dulu. Kita bisa memulainya dengan berterimakasih untuk hal-hal sederhana yang terjadi dan menjadi bagian dari hidup kita,” ujarnya.

Setelah acara sharing session, kemudian dilanjutkan lagi dengan sesi pengenalan FORMABI KIP dan program kerja unggulan yang disampaikan oleh M. Al Fath Husein dan Bahari Abdul Ghani selaku Kadep Departemen Advokasi. Salah satu program kerja yang juga disampaikan kepada para peserta adalah Zakat dan Infaq. Diharapkan melalui program kerja tersebut, dapat menjadi salah satu proker unggulan yang nantinya akan digunakan untuk operasional dan program pembinaan untuk penerima beasiswa KIP Kuliah, sehingga dapat berdampak, memberikan kebermanfaatan dan memberdayakan.

Setelah sesi pengenalan dan penyampaian proker unggulan, kemudian dilanjutkan dengan mentoring kelompok yang membahas terkait penugasan-penugasan untuk Orientasi Mahasiswa Berprestasi (ORMASI) yang akan dilaksanakan pada hari Jum’at-Sabtu, (16-17/12/2022) di Auditorium Harun Nasution sebagai acara puncak.

Reporter: Doni Renaldi

666 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Amira Tampil Menyentuh Hati dengan Teks Narasi Tahfidzul Quran pada Wisuda Tahfidz SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Sambutan Testimoni Apresiasi dari Wali Murid Wisudawati SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kenalkan Muhammadiyah ke Masyarakat Iran, PCIM Iran Adakan Kurban

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *