Pendidikan

Download CP Kurikulum Merdeka SMK Fase E dan Fase F

1 Mins read

SEJUK.ID – Salah satu perbedaan fundamental antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka adalah penyederhanaan kompetesi inti dan kompetensi dasar (KI/KD) menjadi capaian pembelajaran (CP).

Dalam sebuah capaian pembelajaran, sudah terkandung muatan KI/KD di dalamnya. Hal ini guna menyederhanakan dan memudahkan tugas guru dalam megajar.

Perbedaan CP Kurikulum Merdeka SMK Dibanding Jenjang Lainnya

Pemberlakuan capaian pembelajran menggantikan KI/KD diterapkan dalam seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah yakni dari PAUD sampai dengan SMA/SMK.

Yang cukup istimewa adalah SMK, karena SMK mempunyai banyak jurusan yang berbeda-beda. Dalam kurikulum merdeka, penjurusan SMK dibagi menjadi 10 bidang keahlian dan 52 program keahlian.

Capaian pembelajaran SMK mengacu pada masing-masing program keahlian. Pada fase E (kelas X), siswa SMK akan dibeekali dengan capaian pembelajaran dasar-dasar program keahlian.

Misalnya peserta didik yang memilih jurusan tata busana, akan dibekali dengan dasar-dasar tata busana. Pada fase F (kelas XI dan XII) barulah siswa akan mempelajari CP dari materi inti. Penasaran dengan CP Kurikulum Merdeka?

Namun sebelum itu mari kita simak satu lagi perbedaan CP dengan KI/KD.

Fleksibilitas Guru Dalam Kurikulum Merdeka

Ciri khas lainnya dari Capaian Pembelajaran adalah kebebasan guru untuk menyusun alur dan tujuan pembelajaran. Dahulu alur pembelajaran di kenal sebagai RPP. Namun sekarang diganti namanya menjadi ATP.

Ibarat kita mau pergi ke Jakarta dari Bandung, maka supir diberi kebebasan apakah akan lewat tol Cipularang atau Puncak Bogor. Maka untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru diperbolehkan menggunakan jalur manapun yang sesuai.

Kemudian capaian pembelajaran, jika memang tujuan pembelajaran belum tercapai, maka peserta didik tidak boleh dipaksa untuk melanjutkan kepada kompetensi selanjutnya.

Hal ini berimplikasi kepada tidak ada lagi konsep naik kelasĀ  atau tunggal kelas dalam kurikulum merdeka. Mengingat istilah kelas sendiri pun sudah dganti dengan fase dari fase A sampai dengan fase F.

Langsung saja CP Kurikulum Merdeka SMK dapat diunduh DI SINI

Related posts
ArtikelPendidikan

Pidato tentang Pendidikan: Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan Berkualitas

2 Mins read
Pendidikan

Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Panduan Lengkap

3 Mins read
Pendidikan

Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli: Mengembangkan Harmoni dalam Keberagaman

3 Mins read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *