BeritaDaerah

Berbagi Indah dan Buka Bersama Kelas 4 SD Musaka

2 Mins read

Sejuk.IDSekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Karanggeneng menyelenggarakan kegiatan Program Jum’at Berkah bagi-bagi takjil di depan Majid Al-Muttaqin Karanggeneng pada Sabtu, (08/04/2023).

Program ini menunjukan pembelajaran aksi nyata untuk bersedekah. Di mana program ini adalah program awal yang di rancang oleh kelas 4 SD Musaka dan di pimpin langsung oleh wali kelas guna menanamkan jiwa peduli sesama pada diri masing-masing siswa-siswi SD Musaka.

Tepatnya pada saat siswa-siswi dalam akhir kegiatan belajar mengajar di kelas, khususnya pada hari jum’at tidak lupa selalu wali kelas ingatkan kata-kata siapa hari ini yang mau bersedekah. Pada saat itulah siswa-siswi berebut untuk memasukan uang sisa yang ingin di sedekahkan di kaleng kecil tempat menampung uang untuk sedekah.

Ustadz Delmin, selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karanggeneng menyampaikan, “Alhamdulillah, program yang sangat bagus, program yang direncanakan oleh wali kelas dan semua anak kela 4 SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng, untuk menyisihkan sedikit uang jajan. yang berguna untuk di sedekahkan dalam program jum’at berkah dalam moment bulan suci ramadhan ini,” ungkapnya.

Dia pun menambahkan, “Mulai sejak dini, anak-anak sudah diajarkan bagaimana berbagi kepada sesama dengan apa yang dimiliki walaupun tidak banyak.
Dalam kegiatan ini, raut muka anak-anak terlihat sangat senang, antusias dalam membagi takjil kepada masyarakat yang lewat di depan masjid SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng,” imbuhnya.

“Semoga kegiatan ini bisa di contoh oleh kelas-kelas lain, sehingga manfaat kepada masyarakat akan lebih luas dan banyak terasa, tidak hanya di bulan Ramadhan saja tapi bisa di rasakan pada bulan-bulan lain,” tuturnya.

Apriliana Rosidatul Islamiyah selaku Wali Kelas 4 SD Musaka juga menyampaikan, “Antusiasme tinggi ditampakkan anak-anak Kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Karanggegeng saat bagi-bagi takjil di depan Majid Al-Muttaqin Karanggeneng ini. Lain dari yang lain, walapun pembagian takjil di depan area masjid Namun, teknis yang dilakukan yaitu dengan menyuarakan suara, mulai dari perkenalan dari setiap anak, mengajak masyarakat mengenal SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng dan diakhiri dengan kalimat “takjil gratis, silahkan ambil” dan orang menghampirinya,” ujarnya.

Kegiatan bagi-bagi takjil menjadi hal pertama bagi anak-anak kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Karanggegeng. Terpancar wajah cerah ceria ketika berdiskusi terkait pembagian takjil, dimulai dari akan membagi makanan berat atau ringan, memakai seragam sekolah atau bebas.

Apriliana juga mengatakan bahwa, “Anak-anak yang membuat saya bahagia, semangat berbaginya sangat tinggi dan memang itu salah satu harapan saya, bahwa anak-anak bisa tumbuh dan peduli terhadap sesama.” tuturnya.

Kegiatan ini juga terdapat sesi pemilihan baju yang menjadi hal yang unik. Diskusi panjang, debat, dan diakhiri dengan memakai baju seragam Tapak Suci (TS) dengan syarat Ustadz dan Ustadzah harus memakai baju TS atau warna merah seperti mereka.

Kegiatan bagi takjil berawal dari sebuah program yang dirancang di kelas yaitu Jum’at Berkah. Bertujuan mengenalkan kepada anak akan pentingnya bersedekah. Ada hak daripada harta yang kita miliki adalah bagian dari orang lain. Mejelaskan manfaat bersedekah diantaranya dapat memperpanjang umur, di doakan malaikat, bertambah banyak harta.

Dia pun menambahkan, “Awal-awal anak-anak kurang antusias terhadap program yang saya cetuskan ini. Saya ingat kalimat: untuk menumbuhkan kebiasaan dibutuhkan pembiasaan dan pengingat yang berulang, sampai pada akhirnya metode pendekatan saya ubah, beberapa pilihan kegiatan saya ajukan, serta mengingatkan hal akan pentingnya sedekah yang berulang. Alhamdulillah, hasilnya sangat luar biasa. Mereka bahkan banyak mengurangi jatah uang saku hanya untuk sedekah. Sehingga program Jum’at Berkah bisa terealisasikan dengan lancar pada Sabtu, delapan April kemarin,” imbuhnya.

“Saya selaku wali kelas, hanya bisa mengucapkan Jazaakumullahu khairan khatsiran kepada Ustadz Delmin selaku Kepala Sekolah dan Ustadz Ardi turut mendukung program Baginda Bukber serta wali siswa kelas 4 yang ikut banyak membantu. Semoga segala bentuk lelah diganti Allah dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin,” pungkasnya. (*)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *