Berita

Bazar Kewirausahaan Memperkuat Profil Pelajar SMP Muhammadiyah 4 Sukorejo

2 Mins read

Sejuk.IDSMP Muhammadiyah 4 Sukorejo Kendal (Mumt4s) menyelenggarakan projek bazar stand makanan dan jajanan sebagai upaya penguatan profil pelajar pancasila dan kewirausahaan. Acara ini diadakan di halaman sekolah SMP Muhammadiyah 4 Sukorejo pada Sabtu, 3 Juni 2023 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Tujuan utama dari projek bazar ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dalam pembuatan makanan dan minuman berbahan dasar lokal. Acara ini diselenggarakan oleh guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 4 Sukorejo Kendal, dan menarik perhatian banyak pihak.

Hadir dalam acara ini adalah kepala desa, komite sekolah, perwakilan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, kepala sekolah SD Muhammadiyah Sukorejo (SD Muhas), kepala sekolah SLB Surya Bangsa, serta 24 stand bazar yang dikelola oleh siswa-siswi Mumt4s kelas 7 dan 8.

Projek bazar ini dirancang sebagai bagian dari kurikulum baru yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan wirausaha siswa. Rangkaian acara ini meliputi pengenalan konsep kewirausahaan kepada siswa, perencanaan ide bisnis, proses pembuatan produk inovatif oleh siswa, pelaksanaan bazar makanan, dan evaluasi.

Acara ini turut dihadiri oleh tamu kehormatan seperti Kepala Desa Kebumen, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah cabang Sukorejo, Kepala Sekolah SD Muhas, Kepala Sekolah SLB Surya Bangsa, komite dan anggota, serta PRM Kebumen Utara.

Para pembicara menyambut acara ini dengan antusiasme dan memberikan masukan positif, terutama dalam hal variasi jajanan yang dapat ditambahkan dalam bazar mendatang.

Projek bazar ini tidak hanya melayani penjualan langsung kepada pengunjung, tetapi juga menyediakan layanan COD (Cash on Delivery). Permintaan COD begitu tinggi sehingga peserta bazar mengalami kesulitan dalam melayani semua pesanan.

Antusiasme dari peserta, penyelenggara, dan pengunjung bazar sangat mengesankan. Bahkan, mereka berharap agar acara ini dapat diikuti dengan kegiatan lanjutan di masa depan.

“Kami merasa terinspirasi oleh kontribusi acara ini dalam mengembangkan UMKM lokal. Acara berjalan sesuai rencana bahkan melebihi harapan kami, dengan banyaknya pengunjung dan semua menu yang disajikan habis terjual,” ujar ketua penyelenggara Nadia Puspa Rini, S.Pd.

Projek bazar ini berhasil menciptakan suasana belajar yang bermanfaat dalam mengembangkan jiwa wirausaha dan mendukung UMKM lokal.

Acara berlangsung dengan lancar sesuai rencana, bahkan melebihi harapan, dengan jumlah pengunjung yang banyak dan semua menu yang disajikan habis terjual. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang tinggi dari seluruh peserta, penyelenggara, dan pengunjung.

Acara ini juga memberikan kontribusi positif dalam mendukung UMKM lokal. Melalui projek bazar ini, siswa-siswi Mumt4s belajar tentang kewirausahaan dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan ide bisnis kreatif mereka sendiri.

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang promosi bagi produk panganan lokal yang dihasilkan oleh siswa, sehingga membantu memperkenalkan kekayaan kuliner daerah kepada masyarakat.

Dalam evaluasi setelah acara, ketua penyelenggara mengungkapkan kepuasannya terhadap keberhasilan acara ini. Selain itu, rencananya juga akan ada tindak lanjut untuk melibatkan lebih banyak peserta dan memperluas cakupan bazar di masa mendatang.

Dengan kesuksesan projek bazar ini, SMP Muhammadiyah 4 Sukorejo Kendal berhasil membuktikan komitmen mereka dalam meningkatkan profil pelajar pancasila dan kewirausahaan. Melalui kegiatan yang kreatif dan inspiratif seperti ini, diharapkan siswa-siswi dapat mengembangkan potensi diri mereka dan menjadi generasi muda yang tangguh dan mandiri.

Acara projek bazar ini menjadi momentum yang berarti bagi SMP Muhammadiyah 4 Sukorejo Kendal dalam memperkuat pendidikan karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dan semangat kewirausahaan.

Semoga keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan program serupa, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan siswa dan masyarakat di sekitarnya.(AS)

5 posts

About author
Pemred Kuliah Al Islam, Mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam An Nur Lampung, Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan IMM Bekasi Raya 2022-2023.
Articles
Related posts
BeritaDaerah

Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

1 Mins read
BeritaNasional

Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

1 Mins read
BeritaNasional

Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

1 Mins read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *