BeritaDaerah

Upayakan Digitalisasi, Tim ABDIMAS UTM Gelar Program Pembuatan Website dan E-Perpus di Desa Labuhan

1 Mins read

Sejuk.ID Tim ABDIMAS (Pengabdian Masyarakat) yang beranggotakan 14 Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan kegiatan prosesi penyerahan Program Pembuatan Website dan E-Perpus pada hari Senin, (16/01/2023) yang berlangsung di Aula Wisata Taman Laut Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini adalah perangkat Desa Labuhan dan tim ABDIMAS UTM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai langkah untuk mengupayakan program digitalisasi pada taman wisata laut dan fasilitasnya, terutama pada sektor perpustakaan.

Ketua Abdimas UTM Nur Muflikhun atau biasa disapa Muflik menyampaikan bahwa, ”Pelaksanaan kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 23 Desember atau waktu awal program pengabdian hingga pada tanggal 16 januari adalah prosesi penyerahan website wisata dan E-Perpus,” ujarnya.

Dia pun menambahkan, ”Yang bertanggung jawab atas kegiatan ini adalah ketua kelompok pengabdian masyarakat. Untuk kedepannya, diharapkan dengan adanya website wisata ini, pihak wisata dapat memperluas lagi mengenai jejaring promosi untuk keberlanjutan wisata dan untuk E-Perpus sendiri. Serta ada harapan, tidak menumpuknya dengan kertas administrasi dan sekaligus sebagai langkah menkomputerisasi administrasi perpustakaan yang ada di wisata,” imbuhnya.

Selanjutnya, Muflik juga menyampaikan bahwa, “Kelebihan dari program ini adalah dapat meluaskan jejaring informasi masa, dan sebagai langkah untuk menyongsong digitalisasi di wisata taman laut,” ungkapnya.

Terakhir, Muflik menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan ini, “Hal menarik yang terjadi saat perencanaan program ini adalah minimnya informasi di internet mengenai wisata. Sehingga, kami dituntut mandiri untuk menggali informasi sedalam-dalamnya pada taman wisata laut melalui perpustakaan wisata. Dan saat kami berada di perpustakaan kami melihat bahwa administrasi pada perpustakaan belum bisa dikatakan tertata. Hingga akhirnya, kami berinisiatif untuk membuat website wisata dan E-perpus,” pungkas Ketua Kelompok Tim Abdimas Universitas Trunojoyo Madura ini.

Reporter : Ike Sunyahni

689 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Cerdaskan Umat Lewat Filantropi Keagamaan, Kemenag dan Lazismu Siap Kolaborasi Melalui Pelatihan Keagamaan Berkelanjutan

    3 Mins read
    BeritaNasional

    EdutabMu Kantongi Predikat Gold, Lazismu Raih Penghargaan Zakat Awards 2024 Kategori Program Pendidikan Skala Nasional

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Amanat Bupati Lamongan Kepada BPD pada Penyerahan SK

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *