BeritaDaerah

Ungkapkan Rasa Syukur, Masyarakat Lohgung Gelar Petik Laut

1 Mins read

Sejuk.ID –┬áRibuan masyarakat Desa Lohgung Kecamatan Brondong Lamongan berbondong-bondong mengikuti Tradisi Budaya Petik Laut yang di pusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nelayan Desa Lohgung, Rabu (2/11/2022).

Tradisi budaya ini dilakukan masyarakat desa sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa limpahkan berupa melimpahnya potensi ikan yang didapat dan agar para nelayan selalu dianugerahi hasil laut yang melimpah.

Selain sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan agar kedepannya mendapatkan hasil yang baik, tradisi ini juga dilakukan sebagai upaya mempertahankan tradisi budaya agar terus dilestarikan generasi muda.

Menghadiri dan membuka secara langsung Tradisi Budaya Petik Laut dan Tasyakuran Nelayan masyarakat Deda Lohgung, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengaku bangga dan mengapresiasi kepada masyarakat dan rukun nelayan yang telah menjaga tradisi budaya atau kearifan lokal Desa Lohgung dengan baik.

“Sugeng siang masyarakat Desa Lohgung, selamat atas suksesnya tasyakuran nelayan dan petik laut yang diselenggarakan oleh nelayan. Monggo yang didapat dari laut di syukuri dan siapa yang mau syukur insyaallah ditambah nikmatnya,” ucap Pak Yes dihadapan masyarakat yang hadir.

Pak Yes juga menuturkan, sebagai wilayah yang memiliki potensi alam dan budaya yang luar biasa menjadikan posisi Kecamatan brondong sangat strategis sebagai kawasan industri terutama perikanan yang dihasilkan oleh para nelayan. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lamongan terus melakukan berbagai upaya agar menjamin keselamatan para nelayan di Lamongan melalui keikutsertaan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. “Supaya ketika terjadi apa-apa ada jaminannya karena memiliki asuransi. Semoga semuanya sehat selamat,” imbuhnya.

Sementara itu diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan Yuli Wahyuono, bahwa setiap tahunnya produksi perikanan Lamongan terus mengalami tren positif. Dimana pada tahun 2022 hingga triwulan ketiga angka produksi perikanan tangkap sudah mencapai 54.034.04 ton.

“Pada tahun 2021 produksi ikan di Lamongan sebesar 145.897.96 ton dengan produksi hasil tangkapnya mencapai 83.155.39 ton danpada tahun 2022 hingga triwulan ketiga angka produksi perikanan tangkap sudah sampai 54.034.04 ton,” terangnya.

Diwilayah Desa Lohgung sendiri terdapat lebih dari 800 nelayanan dan 248 perahu dengan masing-masing perahu memiliki sekitar 20 orang awak nelayan yang turut menyumbang produksi perikanan tangkap di Lamongan. (Fathan Faris Saputro)

505 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    KKN UNIPA Surabaya: Gerakan Sinau Bareng Cerahkan Desa

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Mahasiswa UNIPA Ubah Kolam Terbengkalai Jadi Berkah

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    MPM PDM Lamongan Dorong Budidaya Pepaya Hawai

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *