BeritaDaerah

Uhamka Edukasi Pencegahan Penyakit Kardiovaskuler untuk Pendidik

1 Mins read

SEJUK.ID – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit kardiovaskuler, Program Studi Teknik Kardiovaskuler Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (FK Uhamka) dan PCM Muhammadyah Ciledug mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada edukasi kesehatan di lingkungan Perguruan Muhammadyah Ciledug. Acara yang digelar pada hari Rabu, (22/5/2024), ini dihadiri oleh 37 peserta yang terdiri dari guru, tenaga kependidikan, serta anggota Pengajian PCM dan PCA Muhammadyah Ciledug.

Acara ini merupakan bagian dari upaya proaktif untuk mengedukasi dan memberikan informasi mendalam tentang pencegahan penyakit kardiovaskuler di lingkungan pendidikan, yang menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia.

dr. Erlina Pudyastuti, MKM, sebagai narasumber menyampaikan, penyakit ini kerap diabaikan, padahal banyak faktor risikonya dapat dicegah dengan pengetahuan dan tindakan yang tepat. Dia memberikan pemahaman menyeluruh tentang penyakit kardiovaskuler, penyebab, serta langkah-langkah pencegahannya.

dr. Erlina menekankan pentingnya pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, dan menghindari kebiasaan merokok. Selain itu, dia juga menekankan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mendeteksi faktor risiko sejak dini.

Sesi tanya jawab yang interaktif memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan berbagai pertanyaan terkait kesehatan kardiovaskuler. Diskusi yang aktif ini menunjukkan tingginya antusiasme dan kepedulian peserta terhadap kesehatan mereka. Para peserta sangat antusias bertanya mengenai langkah-langkah spesifik yang dapat mereka ambil dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

Sebagai bagian dari upaya deteksi dini, acara ini juga menyediakan layanan pemeriksaan tekanan darah bagi semua peserta. Pemeriksaan ini penting karena hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler yang seringkali tidak disadari. Dengan mengetahui tekanan darah, peserta dapat lebih waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

Guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Muhammadyah Ciledug menyambut baik kegiatan ini. Mereka merasa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dalam mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler.

“Acara ini sangat membuka wawasan kami tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan,” ungkap salah satu guru peserta acara.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bukan hanya sekadar edukasi, tetapi juga sebuah langkah nyata untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan sadar akan pentingnya pencegahan penyakit di lingkungan perguruan Muhammadyah Ciledug. Semoga ke depannya, inisiatif serupa dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. (eln)

666 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Amira Tampil Menyentuh Hati dengan Teks Narasi Tahfidzul Quran pada Wisuda Tahfidz SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Sambutan Testimoni Apresiasi dari Wali Murid Wisudawati SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Kenalkan Muhammadiyah ke Masyarakat Iran, PCIM Iran Adakan Kurban

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *