BeritaDaerah

Tunjang Pelayanan Kesehatan, Bupati Lamongan Serahkan 17 Unit Mobil Ambulance

2 Mins read

Sejuk.ID – Memimpin apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Halaman Gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan pada Kamis (17/11/2022), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyerahkan 17 unit mobil ambulance dengan rincian 15 unit mobil untuk desa dan 2 mobil untuk OPD, yang dalam hal ini Dinas Sosial juga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MPP.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lamongan, hingga Mei tahun ini total mobil yang telah diserahkan sebanyak 446 unit dari jumlah total target 474 mobil sehat. Pada tahun 2022 ditargetkan 464 unit mobil dapat terserahterimakan, dengan demikian seluruh desa di Kabupaten Lamongan yang berjumlah 462 desa dipastikan telah memiliki mobil sehat sebagai sarana prasarana penunjang kesehatan desa. Target 474 mobil ini direncanakan tuntas tahun depan dengan penambahan 10 unit mobil sehat untuk kelurahan.

“461 mobil hari ini sudah semua diberikan, tahun ini ada total 464 mobil. Jadi tinggal 10 kelurahan yang akan kita berikan pada tahun depan. Hari ini juga kita berikan untuk 2 OPD, tadi untuk Dinas Sosial difungsikan guna menyisir ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang ada di jalan, dan 1 untuk Dinas PMPTST MPP yang kita standbay-kan di kantor MPP,” terang Pak Yes.

Penyerahan mobil sehat ini diyakini Pak Yes akan sangat menunjang pelayanan kesehatan di Lamongan bahkan hingga ke pelosok-pelosok desa. Diterangkan beliau, desa dan puskesmas dengan jarak yang jauh dari jamahan pelayanan kesehatan memang didahulukan pemenuhannya, dan hingga saat ini pemenuhan sarana prasarana tersebut telah rata diberikan ke selururuh desa di Kabupaten Lamongan.

“Saya pikir dengan 464 mobil tahun ini dan 10 mobil yang akan kita berikan tahun depan, saya yakin ini akan sangat menunjang didalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Lamongan, bahkan sampai ke pelosok-pelosok. 474 tuntas semua tahun depan sampai ke kelurahan, kemarin kan kita dulukan memang yang jaraknya jauh dari pelayanan kesehatan, tapi sekarang sudah rata kita berikan semua,” tambah Pak Yes.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan Taufik Hidayat juga membenarkan bahwa 474 target mobil sehat akan tuntas di tahun depan. “Total 461 hari ini yang diberikan, tahun ini diserahkan 464 mobil sehat, tahun depan tuntas,” ucapnya.

Dalam apel peringatan HKN ke-58 tersebut, Pak Yes juga menyampaikan poin-poin penting sambutan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yakni tentang kesiapan semua pihak terkait pandemi yang bisa datang kapan saja, penurunan angka kematian ibu dan bayi juga angka stunting, hingga transformasi sistem kesehatan. Pak Yes juga menyerahkan berbagai penghargaan dan hadiah untuk desa, puskesmas, OPD, dan juga masyarakat yang turut berpartisipasi dalam peringatan HKN tahun 2022 juga berperan aktif di bidang kesehatan di Kabupaten Lamongan. (Fathan Faris Saputro)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *