BeritaDaerah

Tim Abdimas Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Sosialisasi Digital Marketing di Desa Labuhan

2 Mins read

Sejuk.ID Empat belas mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tergabung dalam tim Abdimas (Pengabdian Desa Masyarakat) memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat yang terletak di Desa Labuhan, Sepulu, Bangkalan. Dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Desain Grafis dan Sosialisasi Digital Marketing pada hari Ahad, (08/01/2023) yang berlangsung di Aula Wisata Taman Laut Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Moh. Sabilul Alif Al Anwari sebagai pemantik Desain Grafis dan Ryan Sutan Wijaya sebagai pemantik digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan yakni sebagai sarana penunjang perkembangan proses marketing UMKM masyarakat Bangkalan, khususnya di Desa Labuhan.

Nur Muflikhun atau biasa disapa Muflik sebagai Ketua Abdimas UTM mengatakan, “Di era perkembangan teknologi yang semakin berkembang, perlu diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia mumpuni. Karena itu, UTM memberikan keterampilan membuat design seperti tujuan dari Abdimas sendiri sebagai sarana penunjang UMKM daerah,” ungkapnya.

Dia pun menambahkan, “Program ini di laksanakan dengan penggunaan bahasa dan perangkat yang cukup ringan dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga harapan kedepannya dengan adanya program ini, mampu terciptanya pelaku UMKM, terutama di Desa Labuhan sendiri dapat melakukan proses pembuatan souvenir. Serta, dapat memperluas ruang lingkup bisnis dalam rangka menuju kemandirian desa,” imbuhnya.

Kemudahan itu dapat dirasakan oleh semua kalangan pelaku UMKM yang mampu membuat design dengan mudah. Dan keterbatasan yang dimiliki oleh seseorang tidak menjadi penghalang, termasuk bagi untuk masyarakat pelaku UMKM.

Muflik menyampaikan bahwa, “Karena itu, Abdimas UTM yang beranggotakan 14 mahasiswa dari berbagai Prodi dan Fakultas yakni: Prodi Sistem Informasi, Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik, Prodi Sasing Fakultas FISIB, Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Prodi PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, beserta Dosen Pembimbing Lapangan, Khoirul Umam S.T.,M.T yang Memberikan pelatihan Design Grafis dan sosialisasi digital marketing pada Masyarakat Pelaku UMKM,” ungkapnya.

Pelatihan diawali dengan memberikan penjelasan tentang design, manfaat, dan seberapa jauh masyarakat mampu membuat design. Pelatihan design yang menggunakan bahasa dan perangkat yang cukup ringan dan sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, sambung Muflik sebagai Ketua kelompok, “Program ini ada, karena kelompok pengabdian ingin menjawab kerisauan Bapak Syahril selaku pihak penanggung jawab wisata atau POKDARWIR (Pengukuhan Kelompok Sadar wisata), yang mana beliau merisaukan mengenai penjualan dan design souvenir yang selalu membayar jasa dalam pembuatan desainnya,” ungkapnya.

Dia pun menambahkan,
“Ada beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini yakni admin bakaoo.id dari Desa Labuhan dan juga anggota dari karang taruna,” imbuhnya.

Terakhir, Muflik menyampaikan harapannya setalah diadakannya pelatihan ini, “Di era teknologi yang semakin berkembang, semua orang dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan cara mengembangkan soft skill seperti design dan digital marketing. Dengan cara seperti itu, keterbatasan masyarakat pelaku UMKM ini dapat menjadi jalan keluar dan dapat menjadi poin tambahan bagi setiap individu pada masa mendatang,” pungkas Ketua Tim Abdimas Universitas Trunojoyo Madura ini.

Reporter : Ike Sunyahni

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *