BeritaDaerah

FKIP Uhamka Didorong Tingkatkan Kualitas Pendidikan

1 Mins read

SEJUK.ID – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (FKIP Uhamka) masa jabatan 2023-2027 resmi dilantik, Jumat (4/8/2023). Hal ini ditetapkan seiring dengan diterbitkannya Surat Keputusan Rektor Nomor 718/A.01.01/2023. Acara pelantikan dilaksanakan di Aula AR Fachrudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka.

Dalam kesempatan itu, Dekan FKIP masa jabatan 2023-2027 Purnama Syae Purrohman, M.Pd., Ph.D. menyampaikan rasa syukurnya karena diamanahkan oleh lembaga dan kader persyarikatan untuk siap memimpin. Menurut dia, tugas ini tidak mudah dan akan memiliki banyak tantangan untuk kemajuan FKIP Uhamka.

“Saya akan melakukan transformasi berkemajuan, yaitu menata kembali perubahan seusai dengan era digitalisasi. Hal ini karena mahasiswa FKIP Uhamka yang akan menjadi calon guru merupakan generasi Z, yang tentu berbeda cara mendidiknya,” ungkapnya, Jumat (4/8/2023).

Purnama juga menjelaskan dirinya akan mengutamakan perubahan tata kelola yang mendukung terciptanya kemajuan. “Strategi utama, yaitu perubahan di tata kelola untuk kemajuan, kemudian kurikulum pendidikan yang mengikuti kecerdasan buatan dan itu harus ahli di bidang teknologi pendidikan dan tentunya menanamkan mindset yang berkemajuan agar dapat survive dari perkembangan teknologi ini,” tutur Purnama, Jumat (4/8/2023).

Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro mendorong FKIP Uhamka melakukan tranformasi untuk lebih maju. Transformasi pertama, kata dia, adalah kurikulum yang berkaitan dengan proses pembekalan ilmu pengetahuan, keterampilan baik hard ataupun softskill untuk mahasiswa yang setelah lulus dari Uhamka akan terjun ke dunia usaha, industri, dan bidang lainnya. Transformasi kedua, dia melanjutkan, yaitu sumber daya manusia (SDM), khususnya dosen yang sesuai dengan yang dikuasai mahasiswa dalam proses belajar dan mengajar.

“Tentu, mahasiswa FKIP Uhamka ini merupakan calon guru, bukan hanya sekadar mengajar, tetapi juga harus mempunya hard maupun softskill sesuai dengan digitalisasi. Karena proses belajar dan mengajar tidak lepas dari ilmu-ilmu digitalisasi seperti coding dan Artificial Intelligence (AI),” ungkapnya, Jumat (4/8/2023).

Gunawan berharap FKIP Uhamka dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM untuk mencapai hasil yang unggul. “Dan harapan saya untuk FKIP di tangan Bapak Purnama dapat meningkatkan kualitas pendidikannya dan SDM-nya agar dapat output dan outcam yang unggul,” tutur Prof Gunawan, Jumat (4/8/2023).

Agenda pelantikan ini juga turut dihadiri oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka Prof Dadang Kahmad, Sekretaris BPH Uhamka Sudarnoto Abdul Hakim, Buya Anwar Abbas, Dzulfikar Ahmad Tawalla, Nurhadi, Djali B. Sangadji, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta Achmad Abubakar, serta jajaran Rektorat Uhamka dan pimpinan FKIP Uhamka. (*)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *