BeritaDaerah

Smartfren Dukung Tadabur Digital Perdana untuk Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Tangsel

2 Mins read

SEJUK.ID – Memasuki bulan Ramadhan 1445H/2024M, Smartfren, perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, telah memulai serangkaian kegiatan berkolaborasi dengan lembaga dan organisasi di seluruh negeri. Di Tangerang Selatan, Smartfren turut mendukung acara Tadabur Digital yang pertama kali digagas oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tangerang Selatan, Dr. Muhtarom, SE., MM., mengungkapkan bahwa Tadabur Digital yang dicanangkan oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Kota Tangsel merupakan inisiatif pertama di wilayah tersebut dan belum pernah diadakan sebelumnya di daerah lain. Pernyataan ini disampaikan dalam pembukaan acara Tadabur Digital di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) pada Jumat (15/3/2024).

Muhtarom, mewakili PDM Kota Tangsel, secara tegas menyatakan dukungannya terhadap kegiatan yang bertema “Peningkatan Kapasitas Digitalisasi Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Muhammadiyah”. Ia mengakui bahwa era digital menuntut adanya pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan, dan para pendidik harus menerima perubahan tersebut.

Dalam konteks pendidikan yang kini menggabungkan pembelajaran daring dan tatap muka, Muhtarom menggarisbawahi pentingnya para guru memiliki literasi digital yang cukup. Program Tadabur Digital diharapkan dapat membantu para guru di lingkungan Muhammadiyah untuk meningkatkan pemahaman mereka akan teknologi.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Dr. Iswan, M.Si., turut menyampaikan pandangannya dalam keynote speech. “Kita tidak boleh menolak perkembangan teknologi karena dapat memperkaya pengalaman belajar di kelas,” ujarnya.

Isu yang diangkat dalam acara ini menjadi penting karena selain mendukung model pembelajaran di sekolah, juga membantu para guru untuk tetap relevan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki generasi muda. Iswan berharap para guru dapat terbuka untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman.

Program Tadabur Digital ini terlaksana berkat kerjasama antara MPI PDM Tangsel dengan Dikdasmen PDM Tangsel. Sekretaris Dikdasmen, Fathor Rohman, M.Ag., menekankan pentingnya partisipasi para guru dalam pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Muhammadiyah.

Menurut laporan Ketua MPI PDM Tangsel, Asep Rahman Umbara, M.I.Kom., pelatihan Tadabur Digital diikuti oleh 52 guru dari berbagai wilayah di Tangerang Raya, termasuk Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang. Program ini menjadi salah satu langkah MPI PDM Tangsel dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Selain dukungan dari lembaga dan organisasi setempat, Smartfren juga turut berkontribusi dalam acara ini. Dr. Dani M. Akhyar, ST., M.Si., Head of Community Development PT Smartfren Telecom Tbk dan dosen Universitas Multimedia Nusantara, menyatakan komitmen Smartfren dalam mendukung kegiatan literasi digital melalui program Teman Pintar dan Guru Pintar yang telah berlangsung selama 3 tahun di 75 kota di Indonesia.

Acara Tadabur Digital ini juga diisi oleh narasumber-narasumber kompeten seperti Dra. Jetty Maynur, M.Pd., dan Dr. Rulli Nasrullah, M.Si., yang membantu para peserta memahami pentingnya literasi digital dalam konteks pendidikan.

Pelatihan ini berlangsung hingga Sabtu (16/3/2024), di mana para peserta diajak untuk terus mengasah pemahaman dan keterampilan mereka dalam teknologi informasi. “Semoga program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam peningkatan mutu pendidikan di lingkungan Muhammadiyah, serta membuka jalan menuju pendidikan yang lebih inklusif dan inovatif,” pungkasnya.  (*)

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *