BeritaNasional

Smartfren Community Bersama GPMB Siap Tingkatkan Literasi Indonesia

2 Mins read

Sejuk.IDSmartfren Community bersama Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) menggelar acara Literasi Mode On (LEMON) ke-32 pada Kamis 23 Februari 2023. Acara tersebut mengusung tema “Belajar Literasi Kesejahteraan Bersama GPMB dan Teman Kreasi Indonesia”.

Doni Renaldi selaku Kabid Kerjasama PP GPMB sekaligus Leader Smartfren Community Jakarta mengatakan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk belajar bersama terkait literasi kesejahteraan dan meningkatkan minat generasi muda terhadap literasi. Dia berharap melalui program-program GPMB dan Smartfren Community seperti Teman Kreasi Indonesia dapat meningkatkan minat literasi.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk belajar bersama terkait literasi kesejahteraan terhadap masyarakat dan juga berusaha meningkatkan minat generasi muda terhadap literasi. Saya juga berharap melalui program-program GPMB dan Smartfren Community seperti Teman Kreasi Indonesia, Lemon Sore, dan Seri Minat Baca dapat meningkatkan literasi Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum PP GPMB Nasional, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si, salah satu narasumber dalam acara tersebut mengatakan bahwa literasi sudah lama ada dan mengakar di Indonesia. Karena pada dasarnya sejak manusia bisa berkomunikasi maka sejauh itulah manusia berliterasi. Beliau juga menjelaskan bahwa literasi bukan hanya sekedar membaca aksara melainkan membaca tanda, gambar, bahkan simbol.

“Literasi itu sebenarnya sudah lama ada dan mengakar di Indonesia. Karena pada dasarnya sejak manusia bisa berkomunikasi maka sejauh itulah manusia berliterasi. Pengertian literasi juga bukan hanya sekedar membaca aksara, namun lebih dari itu literasi juga membaca tanda, gambar, bahkan simbol,” jelasnya.

Dani Miftahul Akhyar, S.T, M.Si, selaku Head of community Development Smartfren sekaligus narasumber ke-2 dalam acara tersebut mengatakan bahwa Smartfren Community sudah ada di ratusan daerah di Indonesia dengan tujuan untuk menambah skill dan kompetensi para membernya seperti literasi digital dan literasi kesejahteraan melalui program-program Smartfren Community diantaranya Teman Pintar, Teman Kreasi, dan Bunda Pintar.

“Saat ini Smartfren Community sudah ada di 107 daerah di Indonesia. Ada pun tujuan kita adalah untuk menambah literasi melalui perkumpulan. Dan untuk saat ini kita berfokus pada pendidikan dan sociopreneurship,” pungkasnya.

Beliau juga menambahkan bahwa beberapa tahun terakhir ini Smartfren Community sedang fokus pada literasi digital. Bagaimana kita bisa memilih, menangkap, mengolah dan mendistribusikan informasi yang kita terima melalui digital.

“Beberapa tahun terakhir ini kita sedang fokus pada literasi digital. Bagaimana kita bisa memilih, menangkap, mengolah dan mendistribusikan informasi melalui digital. Remaja dibawah 25 tahun juga harus memperhatikan tontonannya, jangan sampai yang berkembang adalah otak kebinatangannya” jelasnya.

Sisca, salah satu konten kreator di Tik Tok mengatakan bahwa dalam memilih tontonan harus di mulai dari diri sendiri. Karena dimanapun kita, media apapun yang digunakan akan selalu ada nilai positif dan negatif nya. Tergantung kita mau memilih dan mencari yang seperti apa.

“Kita harus mampu memilih konten apa yang kita konsumsi, karena pada dasarnya dimanapum kita, media apapun yang digunakan akan selalu ada nilai negatif dan positifnya,” ungkapnya.

Diakhir acara, Ketua Umum PP GPMB Nasional, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.S.i, berharap kolaborasi antara GPMB dan Smartfren Community dapat terus dilanjutkan sebagai wujud implementasi salah satu prinsip GPMB yaitu Kolaborasi. Kolaborasi ini sangat penting agar upaya-upaya menumbuhkembangkan dan meningkatkan minat baca dan literasi semakin meluas melalui jejaring Smartfren Community.

Lebih khusus terkait literasi digital, kerjasama dengan Smartfren Community dapat memperkuat kiprah GPMB dibidang literasi digital. Sehingga kedepannya kolaborasi ini dapat ditindaklanjuti hingga ke daerah-daerah untuk menguatkan gerakan minat baca dan literasi.

Reporter : Doni Renaldi

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *