Pendidikan

Menyalakan Nyali untuk Sukses

2 Mins read

Sejuk.IDBanyak buku motivasi yang begitu wah, tapi seakan kosong makna. Berbeda dengan buku yang saya baca berikut ini. Buku berjudul Menakar Cuan, Membakar Nyali adalah sebuah buku yang mengisahkan perjalanan hidup dan pengalaman tiga penulisnya: Triwahyu Wibowo Wicaksono, Lia Darliati, dan Erlita Madeline.

Yang bikin berbeda, buku tipis ini (hanya 80-an halaman) menawarkan pandangan dan pembelajaran berharga mengenai bagaimana menghadapi tantangan, meraih kesuksesan, dan memotivasi diri sendiri dalam berbagai aspek kehidupan. Dan semua itu dipaparkan dengan bercerita pengalaman. Artinya, bukan kata-kata sok bijak, tetapi memang apa yang sudah dialami dan sedang dijalani oleh penulisnya.

Buku terbitan Penerbit Irfani ini terdiri atas beberapa bab dengan kisah yang berbeda, yang membahas berbagai tema mulai dari keberhasilan finansial hingga kekuatan keyakinan diri. Setiap bab di dalam buku ini memberikan wawasan dan pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bab pertama yang berjudul “Pintu Surga Paling Tengah”, para penulis membagikan pengalaman mereka dalam meraih kesuksesan finansial dan bagaimana mereka menghadapi rintangan dan tantangan di sepanjang perjalanan tersebut. Bab ini memberikan wawasan tentang pentingnya mengasah keterampilan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Selanjutnya, dalam bab “Negatif ke Positif”, buku ini mengajarkan tentang cara mengubah pikiran negatif menjadi pikiran yang positif, serta menciptakan mindset yang sukses dan produktif. Bab ini memberikan tips dan strategi untuk menghadapi kegagalan dan mengubahnya menjadi peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Bab-bab lainnya dalam buku ini mencakup topik seperti keputusan berani dengan doa sebagai panduan dalam bab “Ambil Keputusan dan Bismillah”, kekuatan keluarga dan anak-anak dalam bab “Anak-Anak, Untuk Mereka Saya Berjuang” dan “Berusaha Demi Anak dan Keluarga”, serta pentingnya selalu meningkatkan diri dalam bab “Upgrade dan Terus Upgrade”.

Buku yang diterbitkan pada Januari 2023 ini juga membahas tentang keberkahan yang dapat ditemukan dalam masa sulit seperti pandemi dalam bab “Pandemi Membawa Berkah”. Selain itu, buku ini menggarisbawahi pentingnya menjaga ketenangan dalam menghadapi tantangan hidup dalam bab “Tenanglah, Rezekimu Tidak Akan Tertukar” dan “Selalu Ada Jalan Keluar Terbaik”.

Salah satu pesan utama dari buku ini adalah pentingnya dukungan sosial dan mendapatkan bantuan dari orang-orang di sekitar kita. Hal ini ditekankan dalam bab “Kekuatan Dukungan”, di mana para penulis berbagi pengalaman tentang bagaimana dukungan dari keluarga, teman, dan masyarakat dapat memberikan motivasi dan dorongan dalam mencapai tujuan hidup.

Secara keseluruhan, buku Menakar Cuan, Membakar Nyali adalah buku yang inspiratif dan memberikan motivasi bagi pembacanya. Dengan kisah-kisah inspiratif dan pelajaran berharga yang disampaikan oleh para penulisnya, buku ini dapat membantu pembaca dalam mengatasi hambatan dan meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.

Oleh: Refli al-Hamdi

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    ArtikelPendidikan

    Pidato tentang Pendidikan: Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan Berkualitas

    2 Mins read
    Pendidikan

    Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Panduan Lengkap

    3 Mins read
    Pendidikan

    Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli: Mengembangkan Harmoni dalam Keberagaman

    3 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *