BeritaDaerah

Membangun Keterampilan Jurnalistik Melalui Penulisan Berita yang Menginspirasi

1 Mins read

Sejuk.IDRUBRIK (Ruang Berkarya Ikatan) Jilid I telah diselenggarakan oleh Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan PK IMM FKIP Uhamka pada Sabtu, 18 Maret 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penulisan berita yang baik dan benar kepada peserta serta mendorong mereka untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Acara dimulai dengan perkenalan pemateri RUBRIK Jilid I, yaitu IMMawan Herdin Muhtarom. Pemateri mengawali dengan membagikan kutipan dari Pramoedya Ananta Toer yang menyatakan, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Ungkapan tersebut memotivasi pemateri dan merangsang minat para peserta untuk terus menulis. Pemateri juga menjelaskan tentang ilmu penulisan berita yang meliputi sistematika penulisan, jenis-jenis berita, kode etik jurnalistik, serta tips dalam membedakan berita yang faktual dengan berita hoaks.

Setelah pemaparan materi oleh IMMawan Herdin, peserta diberi tugas untuk membuat sebuah berita sebagai bentuk implementasi dari materi yang telah disampaikan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumpulan karya berita yang telah dibuat oleh peserta. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri serta sesi foto bersama dengan peserta. Antusiasme peserta yang hadir menunjukkan minat yang tinggi dalam mempelajari dasar-dasar jurnalistik dan topik penulisan berita ini. (*)

 

614 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Jelang Pemilihan, HMJ PAI Unismuh Gelar Debat Kandidat Terbuka Calon Ketua Umum dan Wakil Ketua

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    IMM FAI Unismuh Sukses Lanjutkan Kembali Maritime di Pulau Takalar

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *