Pendidikan

Dapatkan Materi Kurikulum Merdeka Belajar PDF Lengkap Di Sini!

2 Mins read

SEJUK.ID – Kurikulum Merdeka merupakan salah satu episode dari Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka secara resmi dilaunching oleh Kemendikbudristek pada Bulan April Tahun 2022. Dalam sambutannya Mendikbudristek Nadiem Makarim yang populer dengan panggilan Mas Menteri menyatakan bahwa kurikulum baru ini dibuat agar pembelajaran lebih sederhana dan menyenangkan.

Dalam rangka implementasinya, maka tenaga pendidik memerlukan materi kurikulum merdeka belajar khususnya dalam bentuk pdf. Namun sebelum itu mari kita menyimak seputar merdeka belajar dan implementasi kurikulum merdeka.

Sekilas Tentang Merdeka Belajar

Dilansir dari quipper.com, Merdeka Belajar adalah langkah transformasi pendidikan yang disebutkan sebagai arah kebijakan dan strategi yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tertuang dalam Rencana Strategis 2020-2024.

Transformasi yang diusung dalam kebijakan Merdeka Belajar akan terjadi pada kategori ekosistem pendidikan, guru, pedagogi, kurikulum, dan sistem penilaian.

Ekosistem pendidikan diharapkan menjadi ekosistem yang diwarnai oleh suasana sekolah yang menyenangkan, keterbukaan untuk melakukan kolaborasi, dan keterlibatan aktif dari orang tua dan masyarakat. Kemudian, guru tidak semata sebagai penyampai informasi, melainkan sebagai fasilitator kegiatan belajar.

Di pendidikan tinggi sendiri, kebijakan Merdeka Belajar akan mencakup pada pembukaan program studi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi berbadan hukum, dan hak belajar tiga semester di luar program studi.

Dalam hal pedagogi, pendidikan akan meniggalkan pendekatan standardisasi menuju pendekatan heterogen. Kurikulum akan bersifat fleksibel, berdasarkan kompetensi, berfokus pada pengembangan karakter, dan akomodatif. Lalu, sistem penilaian akan bersifat formatif untuk mendukung perbaikan dan kemajuan hasil pembelajaran.

Melalui kebijakan ini, pemerintah bercita-cita menghadirkan pendidikan bermutu tinggi bagi semua rakyat Indonesia, yang dicirikan oleh angka partisipasi yang tinggi diseluruh jenjang pendidikan, hasil pembelajaran berkualitas, dan mutu pendidikan yang merata baik secara geografis maupun status sosial ekonomi.

Beberapa program pokok yang tekait kebijakan ini adalah kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), perubahan Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional dan Survei Karakter, fleksibilitas dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), fleksibitas dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan Kampus Merdeka.

Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Jenjang Pendidikan

Pemerintah melalui Kemendikbudristek melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka secara bertahap tidak sekaligus. Bagi sekolah yang menyandang gelar Sekolah Penggerak atau SMK Pusat Keunggulan, maka diwajibkan untuk menerapkan kurikulum merdeka. Namun bagi sekolah non penggerak dan non pusat keunggulan pemerintah memberikan tiga pilihan.

Pilihan pertama adalah tetap menggunakan kurikulum 2013 seperti yang telah diberlakukan selama ini. Pilihan kedua menggunakan kurikulum darurat yang digunakan pada masa pandemi. Ketiga adalah menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya. Bagi yang menerapkan kurikulum merdeka pun ada tiga pilihan yang diberikan.

Pilihan pertama adalah mandiri belajar, dilansir dari laman LPMP Jatim, sekolah yang memilih Mandiri Belajar masih menggunakan Kurikulum 2013 tapi sudah mulai menerapkan prinsip-prinsip yang ada di Kurikulum Merdeka, terutama dalam rangka peningkatan kompetensi literasi, numerasi, penguatan pendidikan karakter dan lainnya yang ada di Kurikulum Merdeka.

Mandiri Berubah artinya sudah memanfaatkan sepenuhnya platform Merdeka Mengajar yang disiapkan oleh Kemendikbudristek. Memilih CP, TP, ATP, perangkat ajar, asesmen, dan lain sebagainya di platform ini, yang juga sudah memuat segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

Bagi yang sudah sangat siap, yang selama ini melaksanakan banyak praktik baik terkait pengembangan perangkat ajar dan lain sebagainya, ditinjau dari sarana dan prasarana, kesiapan SDM, dan jika sudah bisa berkarya atau berinovasi, tidak sekedar yang ada di platform Merdeka Mengajar tetapi juga bisa berbagi pada sekolah-sekolah lain dalam bentuk karya-karya yang inovatif dan tetap mengikuti prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, maka diberi kesempatan untuk memilih opsi Mandiri Berbagi.

Materi Kurikulum Merdeka PDF Terlengkap

Berikut kami sajikan tautan-tautan yang berisi aturan dan pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka.
1. Standar Nasional Pendidikan

2. Standar Kompetensi Lulusan

3. Standar Isi

4. Standar Proses

5. Standar Penilaian

6. Spektrum Keahlian, Struktur Kurikulum, dan Linieritas

7. Konsentrasi Keahlian

8. Capaian Pembelajaran

9. Panduan Pembelajaran dan Asesmen
https://bit.ly/panduanPembelajarandanAsesmen

10. Panduan Pengembangan KOS
https://bit.ly/PanduanPengembanganKOS

11, Panduan P5
https://bit.ly/PanduanP5

12. Dimensi, Elemen, Subelemen Profil Pelajar Pancasila
https://bit.ly/kepKaBSKAP9DimensiElemenSubelemenProfilPelajarPancasila

13. Buku Saku Kurikulum Merdeka
https://bit.ly/BukusakuKurikulumMerdeka

14. Platform Merdeka Mengajar
https://bit.ly/platformMerdekaMengajar

15. Pusat Penguatan Karakter
https://bit.ly/PusatPenguatanKarakter

16. Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka
https://bit.ly/SKKaBSKAP034SatpenPelaksanaIKM

 

Related posts
ArtikelPendidikan

Pidato tentang Pendidikan: Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan Berkualitas

2 Mins read
Pendidikan

Prinsip Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Panduan Lengkap

3 Mins read
Pendidikan

Pendidikan Multikultural Menurut Para Ahli: Mengembangkan Harmoni dalam Keberagaman

3 Mins read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *