SEJUK.ID – Desa seringkali memiliki potensi besar untuk mengembangkan UMKM, adanya keunikan produk dan sumber daya alam yang dimiliki oleh masing-masing desa dapat menjadi modal utama bagi UMKM untuk tumbuh dan bersaing di pasar. Sayangnya, banyak UMKM di desa yang terhambat oleh keterbatasan akses sumber daya dan pengetahuan. Terbatasnya akses terhadap informasi, modal, maupun teknologi menyebabkan UMKM desa sulit untuk berkembang secara optimal.
Menanggapi hal tersebut, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), yang merupakan program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM, berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi kepada Masyarakat tentang Digitalisasi UMKM. Sosialisasi yang dilaksanakan oleh anggota PMM dari gelombang 3 kelompok 92 ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan tentang pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan UMKM.
Kelompok yang beranggotakan 5 orang yaitu Fauza, Putra, Balqis, Raiza dan Naufal serta didampingi oleh Bapak Havidz Ageng Prakoso, S.IP., M.A selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL) ini melaksanakan kegiatan PMM di Dusun Kucur, Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Di lokasi yang sama, menjadi tempat diadakannya sosialisasi Digitalisasi UMKM.
Adapun pengertian dari Digitalisasi UMKM adalah proses transformasi dan integrasi teknologi digital ke dalam operasional Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan daya saing di era ekonomi digital. Sosialisasi Digitalisasi UMKM dilaksanakan pada hari Sabtu, (10/08/2024) yang bertempat di Balai Dusun Kucur. Peserta sosialisasi yaitu masyarakat yang memiliki UMKM.
Dalam sosialisasi ini, dipaparkan sebuah materi tentang pengertian, manfaat dan bentuk dari Digitalisasi UMKM. Serta penerapan dari Digitalisasi UMKM juga diberikan dalam sesi ini. Contoh dari penerapan tersebut adalah pemanfaatan E-Commerce dan penggunaan pembayaran non tunai dalam kegiatan UMKM.
Peserta sosialisasi terlihat sangat antusias dalam mengikuti serangkaian acara. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Di mana hal tersebut menunjukkan bahwa mereka ingin mengetahui lebih dalam tentang adanya Digitalisasi UMKM. Dengan diadakannya sosialisasi Digitalisasi UMKM ini, diharapkan masyarakat bisa termotivasi untuk memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan UMKM, guna untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha mereka menjadi lebih baik dan modern. Mengingat Digitalisasi UMKM memiliki banyak manfaat, seperti menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan produktivitas kerja menjadi lebih efektif dan efisien. (*)
Reporter Balqis Laurel Zuharah. Editor Septi Sartika.