BeritaDaerah

Komunikasi Menjadi Kunci dalam Sebuah Organisasi

1 Mins read

SEJUK.ID – Kajian Rencana Tindak Lanjut (RTL) Darul Arqam Dasar (DAD) X Pimpinan Komisariat (PK) IMM Abu Hanifah berlangsung pada hari Senin (8/7/2024) di halaman Kampus II Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA). Acara ini mengangkat tema “Peran Komunikasi Internal dalam Meningkatkan Loyalitas Kader di Organisasi Sosial”. Kajian ini disampaikan oleh Ali Musta’in, S.M., yang menjabat sebagai Sekretaris Bidang Buruh Tani Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Ali Musta’in menekankan pentingnya komunikasi dalam sebuah organisasi, khususnya di IMM. “Komunikasi di dalam organisasi itu menjadi karakteristik kita, khususnya di IMM,” ungkapnya dengan tegas.

Ada beberapa poin penting yang ia sampaikan tentang komunikasi. “Hal pertama yang harus kita lakukan dalam komunikasi adalah jujur. Kemudian, orang yang pandai berkomunikasi itu memiliki sifat mendengarkan. Selanjutnya, komunikasi harus tepat dan bisa menempatkan,” tambahnya. Ia yang juga merupakan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Paciran, yang kini dikenal sebagai Kampus II FEB UMLA, menegaskan pentingnya kejujuran dan keterbukaan dalam berkomunikasi.

Di akhir penyampaiannya, ia menegaskan bahwa sifat inklusif, keterbukaan, dan kejujuran adalah hal yang penting dan harus dilakukan agar dapat berkomunikasi dengan efektif dalam mengikuti perkembangan zaman. (*)

Reporter Maulana Fa’iq Ash-Shiddiqi. Editor Fathan Faris Saputro.