BeritaDaerah

Kodim 0812/Lamongan Bersama PPKB Lamongan Gelar Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB

1 Mins read

Sejuk.ID – PPKB Kabupaten Lamongan bersama Kodim 0812/ Lamongan menggelar Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi dalam rangka Penyelenggaraan KB Kesehatan semester di Tahun 2022 diwilayah Kodim 0812 Lamongan yang bertempat di Aula Kadetsuwoko, Kamis (29/9/2022).

Dalam acara itu menghadirkan narasumber dari Kadis PPKB Kab Lamongan Drg. Fida Ida Nuraida, Mkes Koordinator Bidang PPKB.

Sosialisasi KB Kesehatan telah menjadi agenda nasional yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kodim 0812/ Lamongan.

Mengawali kegiatan Sosialisasi Stunting dan Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi ini mendapat sambutan dari Kadis PPKB Ibu Drg. Fida Ida Nuraida, Mkes, ”Bangsa Indonesia mengalami masalah yang serius, salah satunya adalah stunting,” tuturnya.

“Diharapkan semua lini serius dalam menghadapi stunting agar Indonesia semakin maju. Betapa pentingnya 1000 HPK dalam penurunan stunting,” terangnya.

Hal ini menjadi tantangan kita bersama untuk memperkuat Program tersebut dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting melalui Sosisalisasi Stunting dan Pelayanan KB. Perlu menjadi perhatian bahwa pencapaian Program KB dalam Percepatan Penurunan Stunting sangat ditentukan oleh kesertaan masyarakat terutama dalam hal ini Pasangan Usia Subur (PUS) dalam ber-KB,” jelasnya.

“Penggunaan KB mampu mencegah kejadian stunting yaitu ibu mempunyai banyak waktu, energi, dan sumber daya untuk menyusui bayi yang dilahirkan dan fokus terhadap pengasuhan anak pada periode 1000 HPK. Kehamilan yang direncanakan dan terjadi ketika wanita berusia > 18 tahun, praktik menyusui menjadi lebih baik dan mengarah pada perbaikan nutrisi anak,” terangnya.

Hal tersebut tentunya perlu didukung dengan sarana dan prasarana KB yang memadai serta tenaga pelayanan KB yang kompeten dan pemahaman masyarakat terkait Program ini.

Untuk terus meningkatkan komitmen masyarakat (Pasangan Usia Subur) dalam ber KB diperlukan pula adanya dukungan dari berbagai pihak terkait antara lain stakeholder, provider dan mitra kerja baik pemerintah maupun swasta untuk memberikan pelayanan KB yang berkualitas. (Fathan Faris Saputro)

585 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    SMK Kesehatan Sunan Kalijaga Menggelar Workshop Tentang Peluang Bisnis Herbal

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Pemilu 2024 Indonesia: Pernyataan dan Ajakan dari Ketua Umum DPP IMM

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    iLamongan Bersinar di Kunjungan Perpustakaan ke SDIT Alfurqan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *