BeritaDaerah

Inovasikan Solar Helmet, Guru SMK Muhammadiyah Lamongan Sabet Penghargaan Pemuda Pelopor

1 Mins read

Sejuk.ID – Menjadi Inspektur Upacara pada Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 di Alun-alun Lamongan, Jumat (28/10/2022), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyerahkan penghargaan kepada 10 pemuda pelopor berprestasi di berbagai bidang. Termasuk diantaranya pemuda Kecamatan Sarirejo yang juga seorang guru di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, M Ali Alfian yang berhasil menciptakan sebuah inovasi berbasis teknologi berupa helm pengisi daya baterai menggunakan energi surya yang diberi nama “Solar Helmet”.

Terinspirasi dari boomingnya ojek online dengan smartphone pendukungnya yang harus terus aktif menjadi perhatian tersendiri bagi Alfian. Bahkan inovasi ciptaannya berhasil memiliki Hak Atas kekayaan Intelektual (HAKI) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

“Produk yang sedang saya kembangkan saat ini adalah solar helmet. Yakni sebuah terobosan yang inspirasinya saya dapat dari ojok online. Dimana smartphone nya harus aktif saat berkendara, nah ketika butuh charger harus ngetame dulu. Nah daripada ngecas bolak balik saya membuat terobosan helm ini. Karena di helm ini sudah ada panel suryanya. Selain memberi perlindungan di bagian kepala helm ini juga menyerap cahaya sinar matahari,” jelas Alfian.

Tak hanya helm untuk kendaraan bermotor saja, Alfian melalui PT Solar Inovasi Persada juga menciptakan helm untuk sepeda yang juga bermanfaat untuk para bikers. Meski belum diproduksi secara masal, namun solar helmet sudah dapat dipesan melalui website resminya di http://solarhelmet.id

Lain halnya dengan Alfian. Juara 1 Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Alvina Zulfa Ulinuha dengan usahanya menggerakkan dan mempelopori seni membatik menggunakan canting.

Melalui pelestarian budaya mencanting ini, Alvina ingin terus melebarkan sayapnya sehingga bisa menularkan ilmu mencanting kepada pemuda Lamongan lainnya. (Fathan Faris Saputro)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *