BeritaNasional

Ikuti PKMTM II PD IPM Nganjuk, Begini Kesan Ipmawan Firman

2 Mins read

Sejuk.ID┬áPimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kader Muda Taruna Melati II (PKMTM II) pada hari Jum’at-Ahad (2-4/12/2022) yang berlangsung di SMK Muhammadiyah 1 Prambon. Dengan mengusung tema “Masifikasi Gerak Perkaderan”.

Makna dari tema yang diambil dari kegiatan ini berawal dari amanah Persyarikatan dan Ikatan. Bahwa seorang kader IPM wajib mempunyai peran sebagai busur panah Ikatan yang harus diasah. Sehingga, dapat mencapai ke tujuannya. kader IPM yang telah dikader melalui pelatihan perkaderan ini nantinya, sebagai salah satu usaha mengkader para kader penggerak yang saat ini diharapkan dapat menggerakkan Ikatan ke dalam masyarakat madani yang selaras dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tiga tujuan yakni pemantapan keilmuan kader, memperkuat loyalitas kader dalam ber-IPM, serta penguatan tanggung jawab pada diri kader. Sehingga, kader muda yang telah di didik dalam pelatihan ini, nantinya dapat tergerak dan menggerakkan serta dapat menghidupi organisasi IPM sesuai dengan kondisi lingkungannya.

Adapun materi yang ditempuh oleh para peserta PKMTM II ini berjumlah 5 materi. diantaranya yaitu Realisasi Tauhid Dalam Hidup, Islam Transformatif, Analisis Sosial (ANSOS), Peran Pelajar Berkemajuan Dalam Kerangka Masyarakat Madani, dan Matan Keyakinan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 kader IPM yang terdiri dari kader PC IPM se-Kabupaten Nganjuk, PR IPM se-Kabupaten Nganjuk, PD IPM Pamekasan, PD IPM Bojonegoro dan PD IPM Ngawi. Dan terdapat juga tim observer yang bertugas di PKMTM II tersebut yang berjumlah 5 orang yang berasal dari PC IPM Kabupaten Nganjuk.

Ipmawati Murniati atau biasa disapa Murni sebagai Master of Training (MOT) pada kegiatan PKMTM II menyampaikan bahwa “Penutupan PKMTM II ini menjadi pembuka bagi para kader IPM, untuk berpikir tentang gerakan mereka selanjutnya. Harapannya, kader muda ini nantinya dapat menghidupi IPM di Pimpinannya masing-masing. Serta, dengan adanya pelatihan ini dapat dijadikan sebagai wadah pendidikan yang telah dikonsep sedemikian rupa agar dapat dimaknai sebagai rumah bagi para kader IPM,” ungkapnya.

Firman Firdaus atau biasa disapa Firman sebagai salah satu peserta PKMTM II menyampaikan tujuannya mengikuti kegiatan ini. “Tujuan saya mengikuti PKMTM II ini adalah tidak lain ingin melanjutkan perkaderan wajib di organisasi IPM,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Kesan saya mengikuti kegiatan PKMTM II di Kabupaten Nganjuk ini sangat luar biasa, bahwa saya tidak terpikirkan sebelumnya jika perkaderannya akan dikonsep sedemikian rupa. Sehingga, banyak pengalaman serta ilmu yang sebelumnya belum saya pernah dapatkan di Pamekasan.Tetapi, bisa saya dapatkan disini,” ujarnya.

Ia pun menambahkan “Hal menarik selama saya mengikuti kegiatan PKMTM II di Kabupaten Nganjuk adalah dari segi tugasnya dan deadline yang menurut saya pribadi sangat menantang bagi seluruh peserta PKMTM II ini,” ungkapnya.

“Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan PKMTM II ini nantinya dapat menjadikan sebagai dorongan semangat atau motivasi baru bagi para kader IPM yang ada di Pamekasan untuk terus melanjutkan estafet perkaderan dari tingkat awal sampai ke tingkat akhir. Jaya selalu Ikatanku,” pungkas Bendahara Umum PD IPM Pamekasan ini.

Reporter : Septi Sartika

505 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    KKN UNIPA Surabaya: Gerakan Sinau Bareng Cerahkan Desa

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Mahasiswa UNIPA Ubah Kolam Terbengkalai Jadi Berkah

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    MPM PDM Lamongan Dorong Budidaya Pepaya Hawai

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *