BeritaDaerah

Iktikaf di Masjid Namira: Siswa SMPM 13 Campurejo Murojaah Qur’an

1 Mins read

SEJUK.ID – SMP Muhammadiyah 13 Campurejo Panceng menyelenggarakan kegiatan iktikaf di bulan Ramadan. Program ini diikuti oleh 21 siswa, terdiri dari 14 siswi dan 7 siswa, yang berkumpul di Masjid Namira Lamongan pada hari Rabu, (3/4/2024).

Kepala SMPM 13 Campurejo, Nurul Wakhidatul Ummah, S.Kom, mengatakan kegiatan iktikaf ini merupakan bagian dari program tahunan sekolah. Tujuannya adalah agar para siswa dapat memahami dan mengambil hikmah dari disyariatkannya iktikaf selama sepuluh hari di bulan Ramadan.

Ustaz Hasan, guru tahfidzul Qur’an SMPM 13 Campurejo yang mendampingi para siswa selama iktikaf, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut meliputi kajian agama menjelang berbuka bersama, salat tarawih berjamaah, murojaah hafalan al-Qur’an, serta iktikaf di masjid mulai jam 01.00-05.30 WIB. Para siswa juga melakukan makan sahur bersama di asrama yang disediakan oleh pengurus masjid.

Amira Elhaq Al Mafazah, perwakilan siswi SMPM 13 Campurejo yang mengikuti kegiatan iktikaf, menyampaikan perasaan senang dan bahagianya dapat berpartisipasi bersama teman-temannya. Baginya, ini adalah pengalaman berharga yang memberikan pemahaman yang mendalam tentang iktikaf dan amalan-amalan baik yang dapat dilakukan selama iktikaf. Dia berharap agar program iktikaf yang bermanfaat ini dapat diadakan setiap tahun sebagai upaya mendekatkan siswa dan siswi SMPM 13 Campurejo kepada masjid dan semua kegiatan yang dilaksanakan oleh takmir masjid.

Selain itu, Dewan Guru yang turut mendampingi para siswa selama iktikaf di Masjid Namira Lamongan adalah ustadza Sikha, ustadza Devi, dan ustadza Astatik. Kegiatan iktikaf ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperdalam spiritualitas para siswa, tetapi juga sebagai wujud nyata dari keterlibatan sekolah dalam pembentukan karakter dan keagamaan siswa. (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

639 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Siswi SMPM 13 Campurejo Sukses Menjadi Juara Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Gresik dan Lamongan

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Masjid Al-Hukama dan Al-Birru Raih Juara Inovasi Masjid

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Menuju Era Baru: IPM Gowa Gelar PKMTM II

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *