BeritaNasional

Daurah Qur’an dan Tasmi Santri Asuh MCC Rawamangun Pulogadung

2 Mins read

Sejuk.IDMuhammadiyah Children Center (MCC) atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rawamangun Pulogadung mengadakan kegiatan Dauroh Quran Akhirussanah dan Tasmi Hafalan Al Qur’an.

Acara diperuntukkan untuk santri asuh MCC, diadakan di Hotel Anugerah Jl. Linggasana, Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dari tanggal 26-28 Desember 2022.

Kegiatan Dauroh Quran Akhirussanah dan Tasmi Hafalan Al Qur’an adalah kegiatan rutin MCC diadakan untuk mengisi libur sekolah. Kegiatan bertujuan untuk memantapkan hafalan Al Qur’an santri asuh dan menumbuhkan cinta kepada Al Qur’an. Acara dikemas dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan antara lain berupa tadabur ayat dan tadabur alam serta motivasi Al Qur’an.

Rentetan kegiatan dikemas dalam siaran langsung melalui media Facebook sebagai syiar kegiatan dan keberadaan MCC.

Dalam kegiatan ini, para santri harus menuntaskan setoran hafalan yang beragam dari juz 1, juz 2, juz 3, juz 28, juz 29, dan juz 30. Agar tidak monoton dan menjemukan, ada juga kegiatan pentas seni Hadroh, pembagian door prize, dan penampilan Nadzam Aqidatul Awam.

Aqidatul Awam merupakan satu kitab yang membahas tentang tauhid karya Syeikh Sayyid Ahmad Al Marzuqi Al Maliki Al Hasani, ditulis dalam bentuk syarir dan dibaca dengan langgam (nada) tertentu sehingga menyenangkan dan memudahkan untuk dihapal dan dipelajari.

Ketua panitia, Haikal Ramadhatul Fajri, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita. “Mari kita berpartisipasi sebaik mungkin dalam kegiatan daurah ini.”, ujarnya. Haikal tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, pengurus, dan kerja sama dari seluruh panitia dan anak asuh.

Ibu Hajah Eli Murni, selaku Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Rawamangun Pulogadung dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada Pengurus MCC dan anak-anak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Tidak lupa, Ibu Hj. Eli mengucapkan terima kasih kepada semua donatur yang telah menyumbang dan mendukung kegiatan daurah ini. Dalam sambutannya, Ibu Hajah Eli tidak lupa mengingatkan anak-anak asuh agar pandai bersyukur kepada Allah. “Kalian semua harus bersyukur, banyak anak-anak seusia kalian yang tidak bisa mendapatkan nikmat sebaik kalian saat ini.” tegasnya.

Ketua MCC Rawamangun Pulogadung, Ustadz Mahfan menjelaskan bahwa kegiatan Dauroh Quran Akhirussanah dan Tasmi Hafalan Al Qur’an merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa cinta santri asuh kepada Al Qur’an, dan memantapkan hafalan santri asuh. “Hafalan yang kuat sejak kecil akan melekat erat dalam memori sehingga tidak mudah lupa.” ujarnya.

Pemilihan Daerah Linggarjati Kuningan sebagai tempat kegiatan bukan tanpa alasan, kondisi alam yang sejuk di bawah kaki Gunung Ciremai ditambah lagi keberadaan tempat bersejarah Gedung Perundingan Linggarjati adalah beberapa pertimbangan yang diambil panitia.

Kegiatan Dauroh Quran Akhirussanah dan Tasmi Hafalan Al Qur’an ini berjalan dengan baik karena didukung oleh para donatur yang menyisihkan sebagian rezekinya. Pengurus MCC tidak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa kepada para donatur yang telah menyesuaikan sebagian rezekinya sehingga kegiatan bisa berjalan dengan sebaiknya. (*)

639 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Siswi SMPM 13 Campurejo Sukses Menjadi Juara Lomba Tahfidz Tingkat Kabupaten Gresik dan Lamongan

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Masjid Al-Hukama dan Al-Birru Raih Juara Inovasi Masjid

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Menuju Era Baru: IPM Gowa Gelar PKMTM II

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *