BeritaDaerah

Bupati Gresik Apresiasi Pemecahan Rekor Muri Bandeng Pepes Sepanjang 1,4 Kilometer

1 Mins read

Sejuk.ID – Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani mengapresiasi pemecahan rekor muri Pepes Bandeng terpanjang yang digagas oleh Aston Inn Gresik. Pepes Bandeng sepanjang 1,4 kilometer yang tersebut diklaim terpanjang se-Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, dalam pemecahan rekor muri tersebut Aston Inn membutuhkan bandeng sekitar 9.500 ekor yang didapatkan dari para petani tambak di wilayah Kabupaten Gresik.

“Bandeng ini salah satu produk unggulan dan ikon Kabupaten Gresik. Dan hari ini menjadi hari yang luar biasa, sebab berkat pemecahan rekor muri ini, menjadikan bandeng lebih dikenal sebagai salah satu identitas Kabupaten Gresik. Dan bandeng Gresik siap mendunia,” kata Bupati Gresik, Ahad (20/11/2022).

Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu menuturkan, hingga kini para petani tetap konsisten dengan budidaya bandeng di Gresik. “Terbukti dari hasil budidaya bandeng, Gresik mampu menghasilkan sekitar 80 ribu ton tiap tahun,” pungkasnya.

Disamping itu, petani tambak yang sempat mengeluh lantaran sulitnya mendapat pupuk subsidi, Bupati Gresik berharap di tahun 2023 mendatang, petani sudah tak kesulitan lagi. Hal ini menyusul adanya perubahan regulasi ditingkat pusat terkait ketersediaan pupuk bersubdisi melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Semoga dengan adanya perubahan regulasi tersebut, menjadi angin segar bagi petani tambak dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Sehingga peluang dan potensi budidaya bandeng di Gresik terus meningkat,” harapnya.

Selain itu, lanjut Gus Yani, pemerintah daerah juga terus berkomitmen mempertahankan bendeng sebagai daya tarik Kabupaten Gresik melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui festival tahunan pasar bandeng.

“Kita terus melakukan branding agar bandeng semakin dikenal. Seperti festival pasar bandeng sebagai warisan kearifan lokal yang juga mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat lokal,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Aston Inn Gresik S. Paminta Nugraha mengungkapkan bahwa pemecahan rekor MURI ini adalah pemecahan rekor dibidang kuliner nusantara. Yakni bentuk penyajian Pepes Bandeng terpanjang se-Indonesia.

“Pemecahan Rekor MURI ini tidak semata-mata untuk mendapatkan penghargaan saja. Namun ingin lebih memperkenalkan ke khalayak bahwa Gresik adalah daerah produsen bandeng terbesar di Indonesia,” pungkasnya. (Fathan Faris Saputro)

660 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaNasional

    Kader Hijau Muhammadiyah Tegas Tolak Konsesi Tambang yang Ditawarkan kepada Ormas

    2 Mins read
    BeritaDaerah

    SMPM 13 Campurejo Rayakan Purna Siswa dengan Garden Party yang Mewah dan Inspiratif

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Inspirasi Tokoh Warnai Wisuda Siswa SMPM 13 Campurejo

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *