BeritaNasional

Zainal Abidin Ikuti PIM DPD IMM Jawa Timur, Ini Kesannya

2 Mins read

Sejuk.ID – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan perkaderan Pelatihan Instruktur Madya (PIM) yang dilaksanakan pada hari Rabu-Ahad (2-6/11/2022) yang bertempatan di Gedung UPT Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial (Unit Development of Social Welfare Workers) Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan kader IMM yang berasal dari berbagai Daerah, Kota, Kabupaten, dan Provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Diantaranya terdiri dari 35 peserta yang mengikuti kegiatan perkaderan PIM (Pelatihan Instruktur Madya) ini yang terdiri dari kader IMM Malang Raya, Tulungagung, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Jember, Ngawi, Sukoharjo, Cirendue, Maros, Jakarta Selatan, Bukittinggi, Selayar, Jakarta Timur, Kota Metro, Sorong, Tangerang, dan Banjarbaru.

Adapun tema pada kegiatan perkaderan ini adalah “Nawasena Pengkaderan” yang memiliki arti masa depan yang cerah dan lebih baik lagi untuk sistem pangkaderan IMM di tingkat madya.

Pada kegiatan Pelatihan Instruktur Madya (PIM) ini terdapat 5 materi yang ditempuh oleh para peserta PIM DPD IMM Jawa Timur diantaranya yaitu Pengkaderan Muhammadiyah, Studi Pengkaderan Ormek, Psikologi Kader, Design Thinking, dan Monev.

Immawan Zainal Abidin atau biasa disapa Zainal sebagai salah satu peserta PIM, menyampaikan tujuannya mengikuti pengkaderan ini. “Tujuan saya adalah untuk meningkatkan pengetahuan pribadi saya. Karena, saya menyadari kemampuan saya dalam hal ke-instrukturan dan adanya beban serta tanggung jawab saya sebagai Ketua Korps Instruktur PC IMM Lamongan. Maka, saya perlu mengupgrade diri untuk dapat memimpin para instruktur yang ada di Kabupaten Lamongan,” ungkapnya.

Kemudian ia juga menambahkan, “Setelah mengikuti pelatihan ini saya baru merasakan bahwa betapa tidak berdaya saat menerima materi ini, karena setelah mendapatkan materi PIM ini saya baru bisa merasa pikiran saya terbuka dengan lebar, bahwa masih banyak hal yang harus dipelajari saat mengikuti kegiatan perkaderan PIM ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan PIM ini. “Kesan saya selama mengikuti kegiatan perkaderan PIM ini ada hal yang sangat menarik karena, dari pelatihan ini saya mendapatkan hal baru yang selama ini belum pernah saya dapatkan sebelumnya,” ungkapnya.

Terakhir, ia menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan perkaderan PIM ini. “Mengutip dari salah satu pemateri PIM yakni setialah pada kebajikan yang terbaik. Harapan setelah mengikuti PIM ini, semoga saya dapat menjadi seorang instruktur yang lebih baik lagi dari kemarin dan kedepannya. Semoga setelah ini saya bisa merealisasikan dari apa yang telah saya dapatkan selama mengikuti kegiatan perkaderan PIM ini. Sehingga nantinya dapat saya terapkan ke dalam kehidupan berorganisasi di IMM,” pungkas Ketua Korps Instruktur PC IMM Lamongan ini. (Septi Sartika)

612 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    Idul Fitri Awal Melanjutkan Kembali Amalan Shalih di Bulan Ramadan

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Fakultas Teknik UI dan Smartfren Gelar Technopreneur Spark 2024

    1 Mins read
    BeritaNasional

    Smartfren Community Meriahkan Ramadan 2024 dengan Program Santri Ngonten 100% Kebaikan

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *