BeritaNasional

Kesan Immawati Vivit Saat Mengikuti PIM DPD IMM Jawa Timur

2 Mins read

Sejuk.ID –┬áPerkaderan atau kaderisasi merupakan ruh dan jantung organisasi yang senantiasa mengisi jiwa persyarikatan. Hal ini terlihat dari desain konstruksi dan infrastruktur Muhammadiyah yang telah dibuat sedemikian rupa dalam jalannya organisasi itu sendiri.

Terdapat tiga komponen penggerak yakni pemimpin, kader dan anggota. Bagi Muhammadiyah kader merupakan bagian inti dari anggota yang berperan sebagai anak panah gerakan Muhammadiyah.

IMM sebagai organisasi mahasiswa sekaligus organisasi kader memiliki tiga komponen perkaderan yakni perkaderan utama, perkaderan khusus dan perkadaran pendukung. Pandemi yang sudah hampir dua tahun berlangsung sangat mempengaruhi berbagai sendi-sendi perkaderan, termasuk IMM itu sendiri.

Maka pasca adanya pelonggaran dari adanya pandemi covid-19, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di berbagai daerah pun berlomba-lomba menyelenggarakan kegiatan termasuk kegiatan perkaderan.

Salah satunya adalah kegiatan Pelatihan Instruktur Madya (PIM) yang diselenggarakan langsung oleh DPD (Dewan Pimpinan Daerah) IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu-Ahad (2-6/11/2022) yang bertempatan di Gedung UPT (Unit Development of Social Welfare) Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Pelatihan Instruktur Madya (PIM) tersebut berjumlah 35 kader. Diantaranya berasal dari berbagai daerah, Kabupaten, Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia. Yang terdiri dari kader IMM Malang Raya, Tulungagung, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Ngawi, Maros, Sukoharjo, Cirendeu, Jakarta Selatan, Bukittinggi, Selayar, Jakarta Timur, Metro, Sorong, Tangerang, dan Banjarbaru.

Immawati Vivit Nita Ardianti atau biasa disapa Vivit sebagai salah satu peserta dari kegiatan Pelatihan Instruktur Madya menyampaikan motivasinya mengikuti kegiatan ini. “Minimnya instruktur madya di Jatim, sedangkan Jatim sendiri luas. Sehingga banyak cabang di Jatim yang belum terarah dengan baik perkaderanya. Hal itulah yg mendasari saya untuk mengikuti PIM ini,” ungkapnya.

Immawati Vivit termasuk kader yang berasal dari PC IMM Tulungagung sebagai Ketua Bidang Perkaderan, yang saat ini menempuh studi di kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Kemudian ia menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan perkaderan ini. “Alhamdulillah, kegiatan ini cukup seru dan terarah dengan baik. Sehingga kita bisa mengenal serta mengetahui lebih jauh lagi tentang pola perkaderan dari DPD yang ada di luar Jawa,” ujarnya.

Ia pun menambahkan “Tetap semangat dan jangan pernah putus asa dalam memperjuangkan tongkat estafet kepemimpinan dalam berorganisasi di IMM ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut immawati Vivit menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan ini. “Agenda ini mempunyai kenaikan baik secara kuantitas ataupun kualitas. Jangan hanya kuantitas saja yang di tingkatkan terus dan melupakan kuantitas,” ujarnya.

“Harapan saya semoga nantinya saya bisa merealisasikan dari apa yang sudah saya dapatkan selama kegiatan pengkaderan PIM ini berlangsung dan mampu mengimplementasikan ke dalam kehidupan berorganisasi di IMM Jatim nantinya,” pungkasnya. (Septi Sartika)

505 posts

About author
Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama.
Articles
    Related posts
    BeritaDaerah

    KKN UNIPA Surabaya: Gerakan Sinau Bareng Cerahkan Desa

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    Mahasiswa UNIPA Ubah Kolam Terbengkalai Jadi Berkah

    1 Mins read
    BeritaDaerah

    MPM PDM Lamongan Dorong Budidaya Pepaya Hawai

    1 Mins read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *